Pengguna Narkoba di Indonesia 4 Juta Orang

Pengguna Narkoba di Indonesia 4 Juta Orang
Pengguna Narkoba di Indonesia 4 Juta Orang
JAKARTA--Narkotika dan obat terlarang (narkoba) terus mengancam kehidupan rakyat Indonesia. Data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkoba di tanah air per April 2013 mencapai 4 juta orang! Parahnya, tidak banyak dari mereka yang tertangani dengan baik.

"Yang berhasil menjalani atau dirawat di pusat rehabilitasi hanya sekitar 18 ribu," kata Juru Bicara BNN Kombes Pol Sumirat Dwiyanto di Jakarta, Minggu (23/6).

Minimnya pengguna narkoba yang tertangani disebabkan banyak hal. Salah satunya karena fasilitas rehabilitasi yang dimiliki Indonesia masih sangat minim. Selain itu, lokasinya kadang sulit dijangkau. "Kita punya satuan tugas jangkau damping yang menjadi konsultan. Jadi, seperti tim yang jemput bola," ujarnya.

BNN juga giat melaksanakan program untuk para pecandu narkoba. Ada program gratis rehabilitasi non pidana untuk pecandu narkoba. Siapa saja yang berminat bisa mendaftar. Program tersebut bakal ditutup saat perayaan HUT Bhayangkara 1 Juli nanti. "Masih ada waktu, tidak harus mendaftar sendiri bisa juga oleh keluarganya," ujar Sumirat.

JAKARTA--Narkotika dan obat terlarang (narkoba) terus mengancam kehidupan rakyat Indonesia. Data dari Badan Narkotika Nasional (BNN), pengguna narkoba

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News