Penggunaan Ponsel Sambil Berkendara Banyak Picu Kematian Fatal

Penggunaan Ponsel Sambil Berkendara Banyak Picu Kematian Fatal
Penggunaan Ponsel Sambil Berkendara Banyak Picu Kematian Fatal
Penggunaan Ponsel Sambil Berkendara Banyak Picu Kematian Fatal

Kepala Kepolisian Penertiban Lalu Lintas Victoria menyerukan warga untuk lebih berhati-hati ketika mengendari kendaraan mereka, menyusul tewasnya 5 orang di sejumlah jalanan Victoria pada hari Rabu (9/11) kemarin.

Seorang pengemudi sepeda motor pria tewas ketika bertabrakan dengan sebuah mobil di Mornington, Tenggara Melbourne, dan beberapa jam berikutnya, seorang wanita tewas setelah mobilnya bertabrakan dengan sebuah truk di Mildura, di Barat Laut Victoria.
Sementara perempuan lainnya tewas dalam kecelakaan tunggal di Timur Bendigo, Victoria tengah, dan dua orang tewas Rabu malam (9/11) ketika kendaraan mereka menabrak pohon setelah berusaha untuk tidak menabrak seekor kangguru di Denver, dekat Daylesford.
Ajun Komisaris Polisi Doug Fryer, dari Komando Penertiban Jalan, mengatakan, sikap ceroboh pengendara adalah pemicu dibalik meningkatnya angka kematian di jalan yang saat ini sudah mencapai 248 orang.

Pada tahun 2015, sebanyak 252 orang tewas karena kecelakan di jalanan Victoria.
“Kami menyaksikan orang melakukan kesalahan kecil yang berakibat fatal,” kata Ajun Komisaris Fryer.
Berbagai peristiwa kecelakaan di jalan yang terjadi di Negara Bagian Victoria sejauh ini telah merenggut 130 nyawa.
“Mengapa orang melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam di jalanan berkondisi baik? Tanya Fryer.
“Saya tidak sedang membicarakan orang yang mengebut, tapi saya sedang membicarakan orang yang mengendarai mobil dengan kecepatan 100 kilometer per jam di zona maksimal kecepatan 100 km/jam yang kemudian teralihkan perhatiannya dan meluncur ke luar jalan dan lalu menabrak pohon.”

Pengemudi bermain ponsel di lampu merah

Ajun Komisaris Fryer mengatakan penggunaan ponsel ketika mengendarai mobil juga menjadi bagian dari masalah ini.
“Semua orang tahu ketika berkendara di jalan bebas hambatan maupun jalan raya atau jalan-jalan lain pada umumnya, mereka melihat orang bermain ponsel di perhentian lampu merah,” katanya.
“Mereka melihat pengemudi memegang ponsel ketika mengendarai mobil.”
“Ini terjadi di semua tempat, dan meski tahun lalu kami menerbitkan 37 ribu denda, itu hanya bagian permukaan dari masalah penggunaan ponsel sambil berkendara.”
Ajun Komisaris Fryer mengatakan, langkah sederhana mematuhi UU lalu lintas bisa mengurangi jumlah kematian di jalan dalam jumlah besar.
“Jangan mengebut, jangan bermain ponsel, jangan teralihkan perhatian anda dan hanya berkendara ketika anda memang mampu mengemudikan kendaraan, tanpa ada narkoba atau alkohol di dalam tubuh anda.”
Diterjemahkan pukul 17:25 WIB, 10/11/2016, oleh Iffah Nur Arifah dari artikel Bahasa Inggris ini.

Lihat Artikelnya di Australia Plus


Kepala Kepolisian Penertiban Lalu Lintas Victoria menyerukan warga untuk lebih berhati-hati ketika mengendari kendaraan mereka, menyusul tewasnya


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News