Penggunaan Pupuk AJIFOL Dukung Budi Daya Pertanian Berkelanjutan

Penggunaan Pupuk AJIFOL Dukung Budi Daya Pertanian Berkelanjutan
Penggunaan pupuk AJIFOL mendukung budi daya pertanian. Foto: Humas Ajinomoto

jpnn.com, JAKARTA - PT Ajinomoto Indonesia telah melakukan proses bio cycle dalam memproduksi monosodium glutamat (MSG). Bahan baku utama produksi MSG menggunakan tetes tebu yang melalui proses fermentasi, dari proses produksi tersebut dihasilkan produk samping pupuk AJIFOL (Ajinomoto Foliar Fertilizer).

Factory Manager sekaligus Direktur PT Ajinomoto Indonesia Yudho Koesbandryo mengatakan bahwa AJIFOL memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

“AJIFOL juga mampu meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan penyakit, sehingga dapat mengurangi pemakaian pestisida dan lebih ramah terhadap lingkungan,” kata dia dalam siaran persnya, Jumat (15/10).

Salah satu cara efektif dan efisien terhadap penggunaan air, sumber daya manusia, dan penghematan biaya guna mendukung budidaya pertanian berkelanjutan, Ajinomoto melakukan inovasi penyemprotan AJIFOL dengan menggunakan teknologi drone.

“Sejalan dengan Ajinomoto Share Value (ASV) perusahaan, kami mulai melakukan pengolahan produk samping yang dalam prosesnya mengacu pada Eco Activity dan Bio Cycle,” kata dia.

Yudho menuturkan bahwa saat ini AJIFOL memiliki dua varian, yaitu AJIFOL D untuk pertumbuhan vegetatif tanaman (akar, batang, daun) dan AJIFOL B untuk pertumbuhan generatif tanaman (bunga dan buah).

“Penggunaannya cukup mudah, dengan menambahkan air terlebih dahulu sesuai takaran, AJIFOL bisa langsung disemprotkan ke bagian tanaman,” beber dia.

Tidak hanya memiliki kandungan yang berkualitas, harga pupuk cair AJIFOL ini juga sangat terjangkau. Untuk AJIFOL D sekitar Rp 70.000 hingga Rp 75.000/liter dan AJIFOL B sekitar Rp 80.000 - Rp 85.000/liter. (cuy/jpnn)

Pupuk AJIFOL memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk mendukung budi daya pertanian berkelanjutan.


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News