Pengin Akhiri Monopoli Israel, Iran Bikin Alat Pengobatan Tumor Otak Sendiri

Jumat, 17 Juli 2020 – 10:55 WIB
Pengin Akhiri Monopoli Israel, Iran Bikin Alat Pengobatan Tumor Otak Sendiri - JPNN.com
Bendera Iran. Foto: tehrantimes.com

jpnn.com, TEHRAN - Iran terus berupaya mengimbangi Israel di berbagai bidang, termasuk teknologi kesehatan.

Kini, para peneliti Iran telah berhasil menciptakan peralatan untuk perawatan tumor otak.

Selama ini teknologi itu dimonopoli oleh sebuah Israel yang melayani berbagai perusahaan di Amerika dan Eropa. Tentu saja setiap pasien harus menyewanya.

Namun, tim peneliti Iran di bawah pimpinan Alireza Majid Ansari telah menciptakan perangkat untuk pengobatan tumor otak. Peralatan itu portabel, ringan dan bisa menggunakan baterai untuk catu dayanya.

Pola kerjanya adalah menimbulkan medan listrik bolak-balik dengan intensitas rendah yang disetel untuk menghalangi proses pembelahan sel kanker.

“Kami telah merancang ulang perangkatnya, sampel laboratoriumnya sudah sukses dikembangkan dan kini dalam proses uji klinis,” ujar Alireza kepada Tehran Times belum lama ini.

Kelak, penderita tumor otak bisa menggunakan peralatan itu di rumah. Pasien tumor otak cukup menempelkan empat tranduser pada kulit kepala untuk menerima medan listrik non-invasif.

Alireza menjelaskan, ada banyak masalah dalam pengobatan tumor otak. Di antaranya adalah tingkat kesulitan pada pembedahan yang tergantung jenis tumornya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...