Penguasaan Teknologi Informasi Penting untuk SDM Pertanian

Penguasaan Teknologi Informasi Penting untuk SDM Pertanian
Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Siti Munifah. Foto: Humas BPPSDMP Kementan.

jpnn.com, BEKASI - Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Siti Munifah menekankan pentingnya penguasaan teknologi informasi untuk diseminasi informasi pembangunan pertanian.

Pranata humas dan pengelola perpustakaan mempunyai peranan penting dalam proses diseminasi informasi pembangunan pertanian tersebut.

"Untuk itu diperlukan selain penguasaan materi juga perlu dibekali dengan pengetahuan tentang informasi teknologi. Tidak ada alasan umur sebagai penghalang untuk belajar dan menguasai teknologi. Harus mau belajar dan jangan malu pada yang muda," ucap Siti Munifah dalam Workshop Digitalisasi Informasi Lingkup BPPSDMP di Bekasi, Selasa (3/11).

Workshop Digitalisasi  Informasi Lingkup BPPSDMP di Bekasi diselenggarakan pada 2 - 4 November 2020. Saat itu, Siti Munifah mengingatkan kepada peserta tentang pentingnya komitmen agar target yang diinginkan bisa dicapai.

Dia mengatakan, slogan maju, mandiri dan modern yang selalu digaungkan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (mentan SYL) merupakan semangat penggunaan teknologi informasi di bidang pertanian. Termasuk, pentingnya membangun kualitas SDM pertanian.

“Peningkatan SDM pertanian menjadi salah satu fokus Kementan. Kita ingin memiliki SDM-SDM pertanian berkualitas, SDM yang bisa menghadirkan inovasi, serta mendukung peningkatan produktivitas," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan PPSDMP Dedi Nursyamsi menyampaikan ciri-ciri pertanian modern antara lain dicirikan oleh bioscience yang harus dimanfaatkan saat ini karena memiliki produktivitas yang sangat tinggi.

"Mampu mendongkrak produktivitas pertanian secara signifikan. Ciri petani modern lainnya adalah mampu mengoperasionalkan peralatan modern dari hulu sampai hilir,” kata Dedi.

Penguasaan teknologi informasi penting untuk diseminasi informasi pembangunan pertanian.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News