Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2, Bu Titi: Besok Banyak Honorer K2 Menangis

Pengumuman Kelulusan PPPK Guru Tahap 2, Bu Titi: Besok Banyak Honorer K2 Menangis
Titi Purwaningsih memprediksi akan banyak honorer K2 menangis saat pengumuman kelulusan PPPK guru tahap 2. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pembina Perkumpulan Honorer K2 Indonesia (PHK2I) Titi Purwaningsih mengaku sudah membayangkan apa yang terjadi pada pengumuman kelulusan PPPK guru tahap 2.

Pengumuman untuk kedua kalinya ini dilaksanakan Selasa, 21 Desember 2021.

"Besok akan banyak guru honorer K2 yang menangis karena tidak lulus formasi," kata Titi kepada JPNN.com, Senin (20/12).

Prediksi Titi ini lantaran melihat peserta tes PPPK guru tahap 2 juga didominasi guru swasta dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG).

Rupanya status aparatur sipil negara (ASN) PPPK juga diminati guru swasta, padahal banyak di antaranya sudah mendapatkan gaji yang layak.

"Sudah jauh hari saya memperkirakan akan ada gelombang guru swasta menguasai sekolah negeri. Dan, sudah mulai kelihatan. Lihat saja besok hasilnya," ucapnya.

Andai pemerintah memprioritaskan dulu guru honorer K2 di seleksi tahap 1, kemudian guru honorer non-K2 pada tahap 2, menurut Titi tidak akan kacau seperti ini.

Seharusnya pemerintah menyelamatkan dulu guru honorer di sekolah negeri. Kemudian beralih pada guru swasta dan PPG.

Titi Purwaningsih memprediksi besok akan banyak guru honorer K2 yang menangis setelah melihat pengumuman kelulusan PPPK guru tahap 2

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News