Peningkatan Reaktivasi Jalur KA Akan Terus Dilakukan

Peningkatan Reaktivasi Jalur KA Akan Terus Dilakukan
Jalur kereta api. Foto dok JPNN.com

jpnn.com, SUMATERA BARAT - Reaktivasi Jalur Kereta Api (KA) yang dilakukan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dari Stasiun Pariaman ke Stasiun Naras, Padang Sumatera Barat sejauh 7 Km sudah rampung. 

Peningkatan reaktivasi jalur KA akan terus dilakukan dan direncanakan pada 2019 ini reaktivasi jakur KA Padang-Pulau Aer akan selesai.

Dalam laporannya Dirjen Perkeretaapian Zulfikri mengatakan reaktivasi Jalur KA Pariaman - Naras telah dilakukan sejak 2015 sepanjang 7 Km.

Reaktivasi yang dilakukan yaitu mengganti Rel R.25 Bantalan Kayu dengan R. 54 Bantalan Beton serta peningkatan fasilitas persinyalan, pembangunan 11 unit jembatan dan modernisasi Stasiun Naras, yang menelan dana APBN sekitar Rp51,9 miliar.

Zulfikri menjelaskan, reaktivasi jalur KA ini merupakan yang kedua diselesaikan di Sumatera Barat dari total program reaktivasi perkeretaapian sepanjang 213 Km. 

Reaktivasi pertama telah diselesaikan dan dioperasikan sepanjang 27 KM (Lubuk Alung-Kayu Tanam dan Pariaman-Naras). 

Dari total panjang Rel KA di Sumatera Barat sepanjang 304 KM, hingga saat ini telah direaktivasi dan dioperasikan sepanjang 72,2 KM.

Jalur KA tersebut dilayani oleh KA Sibinuang, yang sebelumnya hanya melayani lintas Padang – Pariaman.

Reaktivasi jalur KA ini merupakan yang kedua diselesaikan di Sumatera Barat dari total program reaktivasi perkeretaapian sepanjang 213 Km.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News