Penjelasan Bea Cukai Terkait Aturan Baru Rush Handling 

Penjelasan Bea Cukai Terkait Aturan Baru Rush Handling 
Ilustrasi pegawai Bea Cukai. Foto: Bea Cukai.

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai telah memperbarui aturan pelayanan segera (rush handling) atas barang impor tertentu yang karakteristiknya perlu segera dikeluarkan dari kawasan pabean sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74/PMK.04/2021. 

Aturan baru itu mulai diberlakukan pada  24 Augustus 2021. 

Kantor-kantor pelayanan Bea Cukai di berbagai daerah, seperti Bea Cukai Tanjung Emas, Bea Cukai Batam, Bea Cukai Juanda, dan Bea Cukai Tarakan, pun secara aktif menggelar sosialisasi pembaruan peraturan ini. 

Sosialisasi diselenggarakan dalam rangka memberikan pemahaman kepada pengguna jasa terkait pelayanan impor dengan segera terhadap barang yang peka waktu.

Kepala Seksi Humas Bea Cukai Sudiro mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan yang terbaik dalam melayani masyarakat. 

Menurutnya, banyak kategori barang yang membutuhkan penanganan khusus dan segera. Oleh karena itu, Bea Cukai belum lama ini mengeluarkan PMK Nomor 74 tahun 2021 yang menggantikan PMK Nomor 148 Tahun 2007. 

“Latar belakang dikeluarkannya peraturan ini di antaranya yaitu layanan rush handling yang masih dilakukan secara manual, kepatuhan layanan yang belum tinggi, dan ketentuan yang berlaku sebelumnya belum mencakup berbagai hal sehingga diperlukan adanya perubahan,” ungkapnya.

Sudiro menjelaskan terdapat beberapa pokok perubahan yang diatur dalam PMK 74/2021. 

Inilah penjelasan Bea Cukai terkait aturan baru rush handling yang perlu diketahui masyarakat.  

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News