Penjelasan Puan Maharani tentang Rencana Rekrut Orang Asing jadi Rektor PTN

Penjelasan Puan Maharani tentang Rencana Rekrut Orang Asing jadi Rektor PTN
Puan Maharani. Foto: Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani mengatakan, wacana mendatangkan rektor asing untuk sejumlah Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) masih dimatangkan prosesnya oleh Menristekdikti Mohamad Nasir.

"Ini sedang dimatangkan menristekdikti, namun tentu saja kami harus melihat hal-hal yang terkait dengan itu. Jadi semangatnya bagaimana universitas itu bisa lebih baik daripada sekarang," ucap Puan di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/8).

Ketua DPP PDI Perjuangan itu menilai tidak ada salahnya dalam memajukan perguruan tinggi nasional, ada pemikiran yang maju ke depannya. Termasuk dengan mendatangkan rektor asing.

BACA JUGA: Ebi jadi CPNS dari IPDN, Ayah dan Ibunya Entah ke Mana

"Kenapa kemudian kita tidak mencoba untuk bisa mempunyai pemikiran yang lebih maju, namun tentu saja itu harus dilihat lagi konsekuensi dan manfaat ke depan seperti apa," jelasnya.

Puan menambahkan, ke depan pemerintah lebih fokus pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul, lebih berdaya saing dan bisa mempunyai kompetensi lebih baik. Arah kebijakan juga harus mengikuti itu.

"Ya bagaimana menuju ke arah sana," kata Puan, sembari menambahkan bahwa nantinya akan ada banyak kriteria yang mesti dipenuhi orang asing untuk bisa menjadi rektor di PTN. (fat/jpnn)


Puan Maharani mengatakan, tidak ada salahnya dalam memajukan PTN dengan mendatangkan rektor asing.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News