Penjualan Motor Mulai Ngerem

Bisa Drop 30 Persen Tahun Ini

Penjualan Motor Mulai Ngerem
Penjualan Motor Mulai Ngerem
JAKARTA -Prediksi bahwa industri sepeda motor akan mengalami koreksi pada tahun 2012 ini mulai terbukti. Penjualan kendaraan roda dua domestik pada bulan April turun 12,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Jika tren ini berlanjut, maka diramalkan sepanjang tahun 2012 terjadi penurunan penjualan antara 25 persen sampai 30 persen dibandingkan 2011.

Dari data terbaru yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) terlihat pada bulan April 2012 penjualan sepeda motor mencapai 617.508 unit atau berkurang 12,5 persen dibandingkan 705.165 unit pada April 2011. Secara kumulatif, sejak Januari sampai April 2012 penjualan sebanyak 2.549.185 unit atau turun 5.2 persen dibandingkan 2.690.965 unit pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM) Margono Tanuwijaya mengatakan, ada dua hal yang membuat penjualan sepeda motor pada empat bulan pertama ini mengalami penurunan. Pertama, penurunan harga beberapa komoditi yang membuat penjualan di luar Jawa kurang bergairah. "Sebenarnya di beberapa daerah terutama di luar Jawa ada kaitannya dengan harga komoditi. Seperti di Sumatera dan Kalimantan dengan komoditas seperti Kelapa Sawit," ujarnya kepada Jawa Pos kemarin.

Penurunan harga komoditas memengaruhi pendapatan dan berdampak terhadap industri sepeda motor. Selain itu, faktor cuaca dengan curah hujan tinggi di awal tahun ini juga membuat kinerja sektor pertanian dan perkebunan kurang maksimal. "Terlihat sekali di daerah luar Jawa memang mengalami penurunan penjualan," ungkapnya.

JAKARTA -Prediksi bahwa industri sepeda motor akan mengalami koreksi pada tahun 2012 ini mulai terbukti. Penjualan kendaraan roda dua domestik pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News