Penjualan Smartphone Nyaris 1 Miliar Unit

Penjualan Smartphone Nyaris 1 Miliar Unit
Smartphone. FOTO: getty images

jpnn.com - WASHINGTON - Penjualan smartphone secara global pada 2013 meningkat 41 persen dari tahun lalu. Tahun ini sebanyak 990 juta unit smartphone terjual di seluruh dunia. Dari jumlah itu, lebih dari separuhnya merupakan smartphone dengan OS Android.

Sistem besutan Google Android digunakan sekitar 78,9 persen dari smartphone yang terjual secara global pada 2013. Hal ini didasarkan laporan terbaru perusahaan riset Strategy Analytics atas jenis platform yang dipakai smartphone dunia.

Hasil ini sekaligus menegaskan keperkasaan Android, juga makin memperpanjang keunggulannya membenamkan iOS Apple, yang digunakan pada iPhone.

"Tahun 2013 adalah tahun Android," kata Neil Mawston, analis di konsultan Strategic Analytics, seperti dilansir digitalone, Kamis (30/1).

Ditambahkannya, meski tahun lalu Android merajai OS Smartphone dunia namun tingkat pertumbuhan tahunan Android melambat menjadi 62 persen, terendah dalam sejarah platform milik Google ini. 

Pihaknya juga meyakini kondisi ini berlanjut pada 2014 karena pasar yang mulai jenuh. Ditambah lagi dengan para pesaing seperti Microsoft atau Firefox yang siap menggempur pasar dengan melihat tanda-tanda perlambatan Android tahun ini.

Di sisi lain, pangsa pasar global Apple merosot hingga 15,5 persen pada 2013. Sementara Windows Phone meraih tempat ketiga dengan pangsa 3,6 persen, naik dari 2,7 persen tahun sebelumnya.

"Microsoft kini mapan sebagai salah satu industri smartphone ketiga besar, dengan pengiriman sebanyak 35,7 juta unit di seluruh dunia," sambungnya.

WASHINGTON - Penjualan smartphone secara global pada 2013 meningkat 41 persen dari tahun lalu. Tahun ini sebanyak 990 juta unit smartphone terjual

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News