Penyaluran BBM ke Kabaupten Berau Dikirim Seminggu Sekali

Penyaluran BBM ke Kabaupten Berau Dikirim Seminggu Sekali
Bahan bakar minyak (BBM) yang disiapkan Pertamina. Foto dok Humas Pertamina

jpnn.com, BERAU - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI yang membawahi wilayah Kalimantan terus upayakan ketersediaan BBM di berbagai wilayah, termasuk di Kabupaten Berau.

Di wilayah ini, penyaluran dilakukan menggunakan kapal khusus Self Propelled Oil Barge (SPOB) dari supply point utama Terminal BBM Balikpapan.

Region Manager Communication & CSR Pertamina Kalimantan Yudi Nugraha menyatakan berbeda dengan pendistribusian di Pulau Jawa yang didukung oleh akses yang memadai, penyaluran BBM di Pulau Kalimantan memang menjadi salah satu yang paling menantang.

Pasalnya, dengan kondisi wilayah yang tidak terlalu padat di beberapa titik atau bahkan terpisah oleh area hutan, tidak jarang penyaluran dilaksanakan hingga berhari-hari ataupun menggunakan berbagai moda pegangkutan.

“Dengan tantangan yang ada, Pertamina terus berupaya memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Apabila di beberapa waktu terjadi kendala yang di luar kendali Pertamina, seperti factor cuaca, kami mohon dukungan dari masyarakat untuk sedikit bersabar. Tentunya kami akan memikirkan alternatif solusi penyalurannya,” ujar Yudi.

Lebih lanjut mengenai penyaluran ke Kabaupten Berau dilakukan setidaknya satu minggu sekali dengan mengirimkan SPOB berkapasitas rata-rata 5 ribu liter per sekali pengiriman.

Untuk kebutuhan jelang libur long weekend minggu ketiga November 2018 ini, Pertamina telah mendatangkan SPOB BB SAS 9 yang tiba di Pelabuhan Jobber Berau pada Rabu (14/11). Kapal ini berlabuh dengan membawa muatan BBM jenis Premium 1.938.000 L, Pertamax 380.000 L dan Solar 2.370.000 L.

Pasokan tersebut disalurkan ke 12 lembaga penyalur yang terdiri dari SPBU dan juga APMS.

Berbeda dengan pendistribusian di Pulau Jawa yang didukung oleh akses yang memadai, penyaluran BBM di Pulau Kalimantan menjadi salah satu yang paling menantang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News