Penyebab Pertamina Rugi Rp 2,75 Triliun Harus Ditelisik

Pengamat Sebut Kerugian Akibat Pemborosan

Penyebab Pertamina Rugi Rp 2,75 Triliun Harus Ditelisik
SPBU. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch, Ferdinand Hutahaean menilai penyebab kerugian PT Pertamina yang disampaikan direksi perusahaan BUMN itu  terlalu mengada-ada. Menurutnya, alasan yang disodorkan direksi Pertamina bahwa kerugian Rp 2,75 triliun di awal 2015 karena stok minyak sisa 2014 sementara di awal tahun ini harga minyak dunia justru mengalami penurunan, merupakan argumen yang aneh.

"Alasan yang diungkapkan Pertamina itu sangat mengada-ada. Pasokan minyak yang mana? Jika ada stok minyak kita kenapa Pertamina jor-joran untuk impor? Stok memang ada, tapi itu kan tidak seberapa. Itu alasan yang tidak patut dijadikan pembenaran atas kerugian Pertamina," ujar Ferdinand kepada JPNN, Kamis (16/4).

Dugaan Ferdinand, stok minyak yang dimiliki perseroan sudah lenyap dipergunakan untuk menutupi kerugian. "Kalau bicara akibat stok masa lalu sangat tidak mungkin kerugian sebesar itu. Stok masa lalu hanya sekitar 9 juta barel minyak, yang infonya sudah dijual untuk menutupi kerugian," jelasnya.

Untuk itu, ia meminta agar Badan Pengawas Keuangan (BPK) turun tangan langsung melakukan audit kepada perusahaan pelat merah tersebut. Dengan dilakukannya audit, maka akan diketahui secara jelas apa penyebab kerugian tersebut.

"Makanya saya minta BPK untuk turun mengaudit pertamina pada triwulan pertama tahun ini, supaya ketahuan ruginya Pertamina ini dari sektor yang mana," tandasnya

 

Ferdinand justru menduga kerugian yang ditanggung Pertamina itu akibat pemborosan. Di sisi lain, pendapatan perusahaan pelat merah itu ternyata tak sebanding dengan pengeluaran.

"Menurut pengamatan kami, kerugian itu lebih disebabkan tingginya cost operasional dan production cost Pertamina. Artinya ada pemborosan yang tidak sebanding dengan pendapatan yang menurun, akibat harga minyak dunia menurun," katanya.

JAKARTA - Direktur Eksekutif Energy Watch, Ferdinand Hutahaean menilai penyebab kerugian PT Pertamina yang disampaikan direksi perusahaan BUMN itu 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News