Perajin Sepatu Ciomas Terus Berkurang

Perajin Sepatu Ciomas Terus Berkurang
Perajin Sepatu Ciomas Terus Berkurang
BOGOR-Tak dapat dipungkiri, Ciomas dikenal sebagai lumbung perajin sepatu dan sandal. Bahkan, usaha mereka menjadi salah satu andalan Kabupaten Bogor. Namun, kini usaha rumahan masyarakat Ciomas tersebut banyak yang gulung tikar karena banyaknya barang import. Camat Ciomas, Sutisna berjanji, akan bergerak cepat memperbaiki nasib para perajin sepatu yang banyak tersebar Desa Parakan, Kotabatu dan Ciomas.

“Kita sedang menginventarisisr, karena para perajin terus berkurang dan tersisa hanya sekitar 2.000 orang,” katanya.

Namun, mantan Camat Rancabungur ini mengaku, sudah menyiapkan desain untuk menghidupkan kembali usaha kerajinan sepatu Ciomas yaitu membuat outlet di Desa Kotabatu karena dianggap menjadi lalu lintas para wisatawan yang berlibur ke Tamansari. “Kalau berkembang dengan bagus akan seperti Tajur,” tegasnya.

Pengurus DPD KNPI Kabupaten Bogor, A Irawan menilai, pemkab gagal dalam mempertahankan salah satu ikon UKM Bogor. “Seharusnya, pemkab jangan hanya diam saja,” ujarnya kepada Radar Bogor (Grup JPNN).

BOGOR-Tak dapat dipungkiri, Ciomas dikenal sebagai lumbung perajin sepatu dan sandal. Bahkan, usaha mereka menjadi salah satu andalan Kabupaten Bogor.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News