Peran Perempuan dalam Perekonomian Nasional Makin Besar

Peran Perempuan dalam Perekonomian Nasional Makin Besar
Uang. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Shell Indonesia bersama Caterpillar, General Electric (GE), dan Schlumberger menggelar sebuah lokakarya “Cross-company Mentoring Circle” dengan mengusung tema “Be the Voice in the Room”.

Acara ini bertujuan untuk menginspirasi para profesional, terutama pekerja perempuan, untuk terus berkarya dan berkontribusi dalam lingkungan kerja.

Ginong Pratidina Hermawati selaku VP Indirect Channel Excellence (ICE) Lubricants Shell Indonesia mengatakan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada Februari 2017, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) perempuan meningkat sebesar 2,33 persen menjadi 55,04 persen. Padahal, kata Dina, tahun sebelumnya TPKA perempuan berada pada 52,71 persen.

"Hal ini berarti perempuan saat ini telah semakin aktif mengambil bagian dalam mendukung perekonomian nasional dan memiliki kesempatan yang sama di bidang pekerjaan," kata Dina dalam keterangan yang diterima, Kamis (30/11).

Dia menjelaskan, menurut riset Grant Thornton 2017, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai peningkatan terbaik dalam hal jumlah perempuan yang menduduki posisi senior di perusahaan dengan peningkatan dari 24 persen pada 2016 menjadi 28 persen pada 2017.

Hasil riset juga menunjukan bahwa negara berkembang terus memimpin dalam keterbukaannya terhadap keberagaman di perusahaan dibandingkan negara maju.

“Sejalan dengan perkembangan yang terjadi dalam lingkungan profesional di Indonesia, di Shell, kami sangat menghargai keberagaman dan inklusivitas untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif tanpa memandang latar belakang, gender, usia ataupun tampilan fisik sehingga para karyawan dapat memberikan potensi terbaik yang mereka miliki," kata dia.

Pembentukan Shell Indonesia Women’s Network dan kegiatan Cross-company Mentoring Circle merupakan wujud komitmen Shell Indonesia dalam menciptakan lingkungan organisasi di mana perempuan dilibatkan, diberdayakan, dihormati, dan dipandang sebagai kontributor penting.

Riset Grant Thornton 2017, Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai peningkatan terbaik dalam hal jumlah perempuan yang menduduki posisi senior

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News