Peran PPID Sangat Vital dalam Menjaga Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah

Peran PPID Sangat Vital dalam Menjaga Kepercayaan Masyarakat Terhadap Pemerintah
Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo. Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAWA TENGAH - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo meminta Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dalam memberikan layanan informasi menggunakan pendekatan kemanusiaan.

PPID juga diminta komunikatif karena bertanggung jawab atas psikologis masyarakat terhadap pemerintah.

“PPID sebagai masyarakat informasi menjadi sangat penting untuk bisa memahami bahwa informasi itu sesuatu yang akan memenuhi kebutuhan psikologi publik. Pelayanan yang excellent menjadi kata kunci. Melayani informasi membutuhkan human communication atau pendekatan kemanusiaan, jangan sampai tidak nyenengin publik,” ujar Widodo dalam webinar berjudul Forum Keterbukaan Informasi Publik Wilayah Jawa Tengah, Jumat (28/8).

Dalam kesempatan itu Widodo juga mendorong agar PPID memback up humas pemerintah dalam hal supply data untuk mengkampanyekan pemakaian masker dalam rangka protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Selamatta Sembiring menambahkan, berkat peran PPID kepercayaan publik terhadap pemerintahan Presiden Jokowi semakin meningkat.

“Kepercayaan masyarakat terhadap institusi pemerintah relatif meningkat, mengalahkan kepercayaan masyarakat terhadap media. Berkat UU KIP yang mendorong partisipasi publik dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik dan mewujudkan pemerintah yang baik. Peran PPID sangat vital dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” kata dia.

Peran PPID yang vital ditegaskan juga oleh Komisioner Komisi Infornasi Pusat, Romanus Ndau, sebagai garda terdepan pelayanan informasi bagi publik.

“Jantung dari pelayanan informasi adalah badan publik yang punya affairness yang kuat untuk membuka informasi dan masyarakat yang aktif meminta informasi,” kata dia.

PPID juga diminta komunikatif karena bertanggung jawab atas psikologis masyarakat terhadap pemerintah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News