Perbanyak Beasiswa Bagi Anak Transmigran

Perbanyak Beasiswa Bagi Anak Transmigran
Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar di wilayah transmigrasi. Foto: Humas Kemenakertrans

jpnn.com - Keinginan para transmigran  agar anak-anaknya dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tentunya sangatlah  besar. Mereka berharap anak-anaknya memilki bekal pendidikan agar sukses  di masa depan  serta dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga dan meneruskan  pembangunan di kawasan-kawasan transmigrasi.

Namun terkadang keinginan untuk menyekolahkan anak-anak transmigran ke jenjang pendidikan tinggi itu masih  terhambat oleh minimnya akses pendidikan tinggi di lokasi transmigrasi , ketatnya persaingan masuk  perguruan  tinggi serta  keterbatasan biaya pendidikan.

Untuk mengatasi masalah  tersebut, Kementerian Tenaga kerja dan Transmigrasi terus melanjutkan  program beasiswa penjaringan siswa berpotensi di daerah transmigras. Melalui program beasiswa pendidikan ini  diharapkan dapat meningkatkan kapasitas sumber daya manusia di berbagai kawasan transmigrasi yang tersebar seluruh Indonesia.

“Program beasiswa ini merupakan bagian dari layanan pelatihan dan pendidikan baik formal maupun non formal di kawasan transmigrasi. Aspek pelatihan dan pendidikan akan membentuk generasi transmigran yang  mandiri sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga” kata Menakertrans Muhaimin Iskandar  dalam keterangan pers Pusat Humas Kemnakertrans di Jakarta Selasa (25/3/2014).

Hal tersebut diungkapkan Menakertrans Muhaimin Iskandar seusai menghadiri  pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (DPD PATRI) Bengkulu Periode 2014-2019 di Bengkulu pada Selasa (25/3). Hadir dalam kesempatan ini Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah.

Sejak Program beasiswa ini bergulir mulai tahun 1994 sampai 2013, sedikitnya sudah 227 anak transmigran yang telah mendapatkan beasiswa untuk belajar di  Universitas Jenderal Soedirman. Beasiswa bagi 227  putra-putri transmigran ini terdiri dari program beasiswa Kemnkertrans sebanyak 169 orang, program bidik misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan 32 orang,  dan beasiswa pendidikan Unsoed 26 orang.

Pada tahun 2014, direncanakan Kemnakertrans memberikan beasiswa kepada 15 orang anak transmigran untuk  belajar di Universitas Jenderal Soedirman dan 7 orang penerima beasiswa akan belajar di  IAIN Raden Fatah Palembang. Sedangkan PATRI bekerjasama dengan Universitas Islam Kalimantan (Uniska) memberikan beasiswa kepada 150 anak transmigran.

Muhaimin mengatakan selama ini layanan pelatihan dan pendidikan kepada para transmigran dan keluarganya telah disediakan sejak jenjang pendidikan tingkat dasar, sekolah lanjutan pertama dan sekolah lanjutan atas di seluruh kawasan transmigrasi yang ada di Indonesia.

Keinginan para transmigran  agar anak-anaknya dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi tentunya sangatlah  besar. Mereka berharap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News