JPNN.com

Percakapan Menyenangkan Dubes Kanada dengan BJ Habibie di Istana Merdeka

Kamis, 12 September 2019 – 23:33 WIB Percakapan Menyenangkan Dubes Kanada dengan BJ Habibie di Istana Merdeka - JPNN.com
Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur usai menghadiri prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Foto: ANTARA/Aria Cindyara (ANTARA/Aria Cindyara)

jpnn.com, JAKARTA - Duta Besar Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur mengenang pertemuannya dengan BJ Habibie pada 2016. Kala itu dirinya berkesempatan berbincang dengan presiden ke-3 Republik Indonesia tentang sektor dirgantara di Istana Merdeka, Jakarta.

“Saya ingat bertemu beliau sekitar tiga tahun yang lalu di Istana pada Hari Kemerdekaan. Percakapan saya dengan dia menyenangkan, kami berbincang soal dunia dirgantara. Sektor itu juga merupakan kekuatan Kanada,” katanya saat dijumpai usai prosesi pemakaman almarhum Habibie di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Kamis.

Dari percakapan tersebut, Dubes MacArthur mendapatkan kesan Habibie adalah orang yang sangat baik, bijaksana dan cerdas.

“Tampak jelas bahwa dia memiliki visi untuk membawa Indonesia maju jauh ke depan, dan dia telah berhasil melakukan itu. Saya rasa keluarga beliau dan negara ini berduka dengan mengingat itu,” ujarnya.

Menurut Dubes Kanada, Habibie adalah sosok legendaris yang sangat penting dalam demokrasi Indonesia. MacArthur mengatakan Kanada sangat terkesan dengan evolusi yang dipelopori oleh Habibie pada akhir masa rezim Orde Baru.

Sosoknya yang begitu penting di Indonesia tercermin dalam prosesi pemakaman yang dihadiri oleh berbagai tokoh tanah air, termasuk presiden, para menteri dan juga gubernur.

“Saya sangat tersentuh dengan prosesi upacara yang berjalan hari ini,” ujar MacArthur.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie wafat pada usia 83 tahun di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Subroto pada Rabu, pukul 18.05 WIB.

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...