Perempuan Australia Ubah Baju Bekas Jadi Bahan Marmer

Perempuan Australia Ubah Baju Bekas Jadi Bahan Marmer
Veena Sahajwalla bersama timnya sekarang sudah mampu membuat marmer hijau ramah lingkungan, campuran antara tekstil, baju bekas, dan bahan kaca. (Australian Story: Anthony Frisina)

Veena Sahajwalla selalu melihat dengan seksama apa yang ada dalam kotak sampah di rumahnya, setiap kali dia akan ke kantor.

Di mobilnya penuh dengan sampah, dan ketika dia pergi ke tempat daur ulang, ada saja bahan baru yang dikumpulkannya.

"Dia tergila-gila dengan sampah," kata suaminya Rama Mahapatra.

Namun bagi orang lain mungkin sampah, tapi bagi Profesor Veena Sahajwalla semua yang dikumpulkannya dilihatnya sebagai peluang untuk menjadikan sampah-sampah ini menjadi barang baru yang berguna.

"Sampah adalah salah satu sumber daya yang menunggu untuk digunakan dengan maksimal," katanya.

Bagi Professor Sahajwalla, bungkus kentang goreng tidaklah sekedar bungkus kosong, karena lapisan di dalamnya adalah alumunium yang bisa digunakannya.

Perempuan Australia Ubah Baju Bekas Jadi Bahan Marmer Photo: Professor Sahajwalla mengatakan sudah waktunya Australia untuk 'bersikap berani' untuk menangani masalah sampah yang semakin menggunung di Australia. (Australian Story: Anthony Frisina )

 

Berkeliling di Pusat Pendauran Ulang Kimbriki di Sydney, Profesor Sahajwalla mengambil contoh sebuah pot plastik dan kursi plastik yang dibuang di sana.

Veena Sahajwalla selalu melihat dengan seksama apa yang ada dalam kotak sampah di rumahnya, setiap kali dia akan ke kantor

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News