Perhatikan Kondisi Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh, Jangan Diabaikan

Perhatikan Kondisi Ban Mobil Sebelum Melakukan Perjalanan Jauh, Jangan Diabaikan
Salah satu teknisi sedang mengecek ban pelanggan. Foto: dok Bridgestone

jpnn.com, JAKARTA - Libur Hari Raya Iduladha yang jatuh pada 29 Juni sampai 2 Juli akan dimanfaatkan oleh sejumlah masyarakat untuk berlibur bersama keluarga.

PT Jasa Marga (Persero) memprediksi 1 juta lebih kendaraan pribadi akan keluar Jabotabek selama 7 hari periode Libur IdulAdha 2023.

Namun, sebelum melakukan perjalanan jarak jauh ada baiknya pengendara mengecek kondisi kendaraan. Salah satunya ialah kondisi ban.

Sebab, ban merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang harus diperhatikan kondisinya secara berkala.

Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales, Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano mengatakan keselamatan menjadi faktor penentu kelancaran bagi pengemudi yang menggunakan mobil pribadi saat bepergian, khususnya yang akan menempuh perjalanan jarak jauh.

"Kami mengajak seluruh pengguna mobil pribadi agar melakukan pengecekan ban secara berkala mobil supaya aman, karena kondisi ban yang prima juga mengurangi potensi masalah saat melakukan perjalanan jarak jauh,” ujar Fisa Rizqiano dalam siaran persnya, Kamis (29/6).

Berikut hal-hal penting tentang ban kendaraan yang perlu diperhatikan pengendara mobil menjelang perjalanan liburan.

1. Ban Aus (worn)

Ban secara alami akan aus jika semakin sering dikemudikan dan ban yang aus memberikan traksi yang berkurang dibandingkan ban dengan tapak yang memadai, terutama dalam kondisi cuaca buruk.

Ban mobil merupakan salah satu komponen penting pada kendaraan yang harus diperhatikan kondisinya secara berkala. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News