Perilaku Korup Terekam CCTV, Seribu Lebih PNS Dipecat

Perilaku Korup Terekam CCTV, Seribu Lebih PNS Dipecat
Ilustrasi korupsi. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, MEXICO CITY - Pemerintah Meksiko memaksa pengunduran diri atau memberhentikan lebih dari 1.000 pegawai negeri sipil (PNS) di kantor imigrasi yang diduga melakukan korupsi dan penyelewengan lainnya, Jumat (14/8).

Sebagai bagian dari skema modernisasi pemerintahan, Institut Migrasi Nasional (INM) memasang CCTV di kantor mereka, yang menemukan ketidakberesan oleh sebagian pegawai, mulai dari pemerasan terhadap migran hingga pegawai tidur saat jam kerja.

Kepala INM Francisco Garduno mengatakan lebih dari 1.040 PNS harus mengundurkan diri atau menjalani pemeriksaan internal. "Kebanyakan telah mengundurkan diri sebab kami mempunyai sistem video kamera di seluruh kantor kami," ujar dia.

"Video tersebut memperlihatkan dugaan tindakan pemerasan dan korupsi," katanya.

Setiap tahun, puluhan ribu migran, yang mayoritas menyelamatkan diri dari kekerasan dan kemiskinan yang mengakar di Amerika Tengah, melintasi Meksiko untuk mencapai perbatasan AS.

Dalam perjalanan, banyak dari mereka yang menjadi korban kejahatan terorganisasi dan diculik, atau bahkan dihabisi.

Kelompok HAM menyebutkan para migran juga menjadi mangsa PNS korup yang memeras mereka.

Presiden Andres Manuel Lopez Obrador menjadikan pemberantasan korupsi sebagai salah satu landasan dalam pemerintahannya. (ant/dil/jpnn)

Lebih dari 1.000 pegawai negeri sipil alias PNS dipecat setelah perilaku korup mereka terekam CCTV


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News