Peringatan BMKG Buat Warga di Daerah Ini: Mohon Jangan Diabaikan!

Peringatan BMKG Buat Warga di Daerah Ini: Mohon Jangan Diabaikan!
BMKG mengeluarkan peringatan untuk warga di daerah ini terkait ramalan cuaca yang akan terjadi dua hari ke depan, mohon jangan diabaikan!. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan untuk masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mewaspadai gelombang tinggi yang dapat terjadi selama dua hari ke depan.

Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid mengingatkan masyarakat NTB, khususnya nelayan untuk tidak memaksakan melaut jika cuaca buruk terjadi selama dua hari ke depan, terhitung mulai hari ini, Minggu (5/6).

"Bagi para nelayan perlu mewaspadai gelombang yang tingginya bisa mencapai dua meter atau lebih," ujarnya mengingatkan.

BMKG juga menyampaikan kondisi cuaca di sebagian wilayah NTB tidak menentu terjadi tergantung dengan kondisi atmosfer yang dinamis, sehingga hujan ataupun tidaknya bergantung pada kondisi labilitas atmosfer.

Semakin labil atmosfernya, semakin mudah terbentuk awan yang menyebabkan berpotensi terjadi hujan di sebagian wilayah NTB.

Namun sebaliknya, jika atmosfer sudah stabil maka kondisi cuaca akan cenderung berawan.

Untuk prospek keadaan cuaca ke depan berdasarkan dinamika atmosfer terakhir, lanjut dia, menunjukkan adanya kondisi udara labil yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif.

Kelembaban udara pada lapisan 850-500 mb di sebagian besar wilayah NTB, berkisar antara 50 persen-99 persen.

BMKG mengeluarkan peringatan untuk warga di daerah ini terkait ramalan cuaca yang akan terjadi dua hari ke depan, mohon jangan diabaikan!

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News