Peringatan dari BMKG Khusus Warga di Wilayah Ini, Waspada Gelombang Tinggi!

Peringatan dari BMKG Khusus Warga di Wilayah Ini, Waspada Gelombang Tinggi!
Peringatan keras BMKG soal gelombang tinggi. Foto: ANTARA/Rahmad

jpnn.com, BANJARMASIN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan adanya potensi gelombang tinggi di perairan selatan Kalimantan mencapai empat meter yang terjadi satu minggu ke depan.

"Jadi terhitung tanggal 11 sampai 17 Agustus 2021, perairan selatan Kalimantan hingga perairan Kotabaru gelombang tinggi antara 2,5 sampai 4 meter bisa terjadi," terang Staf Prakirawan Stasiun Meteorologi Syamsudin Noor Banjarmasin Rianita Sekar Utami di Banjarbaru, Rabu.

Untuk itulah, sektor maritim dan masyarakat yang beraktivitas di laut diminta waspada seperti perahu nelayan, tongkang, ferry dan kapal berukuran besar.

"Pastikan faktor keselamatan diutamakan ketika memutuskan melaut di saat gelombang tinggi ini," kata Rianita.

Untuk angin, ungkap dia, bertiup dari arah timur laut hingga selatan dengan kecepatan antara 5 sampai 35 kilometer per jam.

Rianita juga mengabarkan cuaca di Kalimantan Selatan untuk satu pekan ke depan secara umum berawan dan hujan ringan hingga sedang.

Adapun Kalsel bagian timur dan sebagian utara dan barat seperti Kabupaten Kotabaru, Tanah Bumbu, Banjar, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Tabalong dan sekitarnya berpotensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang.

"Terjadinya antara siang dan sore hari dengan durasi singkat," pungkasnya. (flo/jpnn)

Prakiraan cuaca dari BMKG untuk satu pekan ke depan secara umum berawan dan hujan ringan hingga sedang.


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News