Peringatan Dini BMKG untuk Sejumlah Wilayah di Indonesia, Waspadai Hujan hingga Angin Kencang

Peringatan Dini BMKG untuk Sejumlah Wilayah di Indonesia, Waspadai Hujan hingga Angin Kencang
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Selasa (10/8). Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Selasa (10/8).

Dilansir dari laman www.bmkg.go.id sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi dilanda hujan lebat, petir, dan angin kencang.

Adapun wilayah tersebut ialah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

"Situasi serupa juga diprakirakan melanda wilayah Kalimantan dan Sulawesi di antaranya Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara," tulis BMKG.

BMKG mengimbau masyarakat juga mewaspadai potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Banten dan Sulawesi Selatan.

"Serta, adanya potensi angin kencang yang diperkirakan terjadi di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Sulawesi Barat," katanya.

Adapun situasi cuaca cerah dan berawan diperkirakan terjadi di berbagai kota besar di Indonesia seperti di Serang, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Bandung, Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Mataram, Kupang, Jayapura, Mamuju, Makassar dan Palembang.

Namun cuaca hujan berskala ringan dan sedang juga diprakirakan mengguyur beberapa daerah seperti Bengkulu, Jambi, Pontianak, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Manokwari, Pekanbaru, Kendari, Padang, dan Medan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada Selasa (10/8).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News