Peringatan Dini dari BMKG, 7 Daerah di Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang

Peringatan Dini dari BMKG, 7 Daerah di Banten Berpotensi Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang
BMKG peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada tujuh daerah di Banten. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - LEBAK - Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas I Serang, Tatang Rusmana mengatakan BMKG  mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada tujuh daerah di Banten, yaitu Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang dan Kabupaten Serang, pada 11 Januari 2024.

Sementara, untuk Kota Cilegon relatif aman dari ancaman hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Tatang di Serang, Banten, Kamis (11/1), menyampaikan bahwa peringatan dini dikeluarkan karena  potensi cuaca buruk berpeluang menimbulkan bencana alam, seperti banjir, longsor, dan angin puting beliung.

Peluang hujan lebat disertai angin kencang dan petir terjadi di wilayah Banten pada sore hari, sedangkan siang hari berawan hingga hujan ringan dan sedang.

Cuaca pada pagi hari wilayah Banten berawan dengan suhu udara rata-rata 23-33 derajat Celsius dengan kelembapan 65-95 persen dan angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut berkecepatan 05-30 kilometer per jam. 

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini waspada bagi pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang, yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten di pesisir Kabupaten Lebak, dan Selat Sunda bagian selatan Banten di pesisir Kabupaten Pandeglang, karena tinggi gelombang antara 1,25 meter sampai 2,50 meter.

Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak ke Bakauheni, kata dia, relatif normal dan aman untuk pelaku pelayaran. Khususnya, perahu nelayan, kapal feri, kapal tongkang, kapal pesiar, dan kapal kargo, melintasi perairan Selat Sunda bagian utara, karena tinggi gelombang rendah hanya 1,25 meter. (antara/jpnn)

Peringatan dini BMKG, 7 daerah di Banten ini berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang pada 11 Januari 2024.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News