Peringatan HUT RI di Monumen Penenggelaman Kapal Asing di Natuna

Peringatan HUT RI di Monumen Penenggelaman Kapal Asing di Natuna
Pengibaran bendera merah putih di bawah laut dalam acara peringatan HUT ke-75 RI di Natuna, Kepulauan Riau. Foto: ANTARA/Cherman

jpnn.com, BATAM - Upacara peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia dilaksanakan di monumen penenggelaman kapal asing di Selat Lampa, Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau.

"Kami melakukan upacara di monumen penenggelaman kapal ikan asing sebagai bentuk dukungan kami atas sikap pemerintah terhadap pelaku pencurian ikan di Laut Natuna Utara," kata Koordinator Komunitas Jelajah Bahari Natuna Cherman selaku penggagas kegiatan melalui sambungan telepon pada Senin.

"Kami sudah memulai kegiatan pengibaran bendera sejak awal Agustus 2020 di 17 lokasi bawah laut, dan puncaknya kemarin di monumen penenggelaman kapal asing," katanya.

Para penyelam antara lain melakukan pembentangan bendera merah putih di bawah laut dalam penyelaman di Teluk Buton, Tanjung Datuk, Karang Benteng, dan Alif Stone.

Komandan Lanal Ranai Natuna Kolonel Laut (P) Dofir menyatakan upacara peringatan HUT RI dilakukan di bawah laut di lokasi monumen penenggelaman kapal asing untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat Indonesia agar lebih mencintai laut mengingat dua per tiga wilayah Indonesia adalah lautan.

"Juga untuk mendongkrak wisata bahari, wisata air, maritim di Natuna," kata dia. (antara/jpnn)

Jangan Sampai Ketinggalan Video Pilihan Redaksi ini:

Peringatan HUT RI dilakukan di bawah laut di lokasi monumen penenggelaman kapal asing sebagai bentuk dukungan atas sikap pemerintah terhadap pelaku pencurian ikan.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News