Peringatan Serius BMKG, Bencana Hidrometeorologi Mengintai 4 Wilayah Ini

Peringatan Serius BMKG, Bencana Hidrometeorologi Mengintai 4 Wilayah Ini
BMKG menyampaikan peringatan dini potensi hari bencana hidrometeorologi, Sabtu (10/12). Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini potensi bencana hidrometeorologi hari ini, Sabtu (10/12).

BMKG menyebutkan empat provinsi di Indonesia perlu mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang dipengaruhi bibit siklon tropis 92W.

Dipantau dari laman resmi BMKG.go.id, pada Sabtu dini hari, BMKG mendeteksi bibit siklon tropis 92W berada di sekitar Filipina yang membentuk daerah konvergensi dari Laut Sulu hingga Filipina.

Selain itu, pusat tekanan rendah terpantau berada di Laut Natuna yang membentuk daerah konvergensi memanjang dari Aceh sampai Kepulauan Riau menginduksi terbentuknya "low-level jet" yang memanjang di Laut China Selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis tersebut.

Berdasarkan prakiraan berbasis dampak hujan di Indonesia, terdapat wilayah yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi seperti banjir bandang, banjir, dan tanah longsor.

Ada pun daftar wilayah dengan potensi bencana hidrometeorologi adalah sebagai berikut:

1. BMKG telah menetapkan status siaga yang berada di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Kalimantan Barat yang berlaku hingga Minggu (11/12).

BMKG menyampaikan peringatan dini potensi hari bencana hidrometeorologi, Sabtu (10/12).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News