Peringatan Serius BMKG Saat Malam Takbiran, Mohon Waspada

Senin, 10 Mei 2021 – 23:52 WIB
Peringatan Serius BMKG Saat Malam Takbiran, Mohon Waspada
Prakiraan cuaca dari BMKG. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Khusus pada malam takbiran Idulfitri 1442 H, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat waspada potensi hujan lebat.

Kondisi cuaca tersebut, menurut BMKG, dipicu cuaca ekstrem di sejumlah provinsi di Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan potensi hujan lebat diprediksi di Bengkulu, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan bagian utara, Kalimantan Utara, Lampung, dan Jawa Tengah.

"Khusus tanggal 12 Mei yang menjadi perhatian karena fokus pada cuaca malam takbiran," ujar Guswanto, Senin.

Dari segi syarat hujan probabilitas, kata Guswanto, terdapat tiga wilayah yang patut diwaspadai karena memiliki probabilitas cukup tinggi pada tanggal 12 Mei, yakni di Provinsi Banten, Bengkulu, dan Sulawesi Barat.

Untuk potensi curah hujan selama sepekan ke depan, perkiraan pada tanggal 10—12 Mei 2021, Guswanto mengimbau masyarakat di Aceh, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumatera Selatan untuk tetap waspada.

Guswanto menjelaskan potensi cuaca ekstrem tersebut timbul lantaran dari tinjauan iklim dan musim kemarau, sebagian besar wilayah Indonesia telah mengalami awal musim kemarau 2021 sekitar Mei dan Juni.

Dia memprediksi sekitar 22,8 persen zona musim (ZOM) memasuki kemarau pada April, kemudian 30,4 persen ZOM pada Mei, dan 27,5 persen pada Juni.

SPONSORED CONTENT

loading...