Peringati Hardiknas 2021, Mas Nadiem Berbusana Khas NTT, Nih Penampakannya

Peringati Hardiknas 2021, Mas Nadiem Berbusana Khas NTT, Nih Penampakannya
Mendikbudristek Nadiem Makarim saat memimpin upacara peringatan Hardiknas 2021 mengenakan pakaian khas dari Pulau Rote, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim memimpin upacara Hardiknas 2021. Dia tampak gagah dengan berbusana daerah NTT.

Pada kesempatan tersebut, Nadiem menyampaikan pidatonya, yang bertema 'Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar'.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” tutur Nadiem Makarim pada upacara peringatan Hardiknas 2021 di halaman Kantor Kemendikbudristek Jakarta, Minggu (2/5).

Nadiem mengatakan, terdapat empat upaya perbaikan terus dikerjakan bersama dengan berbagai elemen masyarakat. Pertama, perbaikan pada infrastruktur dan teknologi. Kedua, perbaikan kebijakan, prosedur, dan pendanaan, serta pemberian otonomi lebih bagi satuan pendidikan.

Ketiga, perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya, serta Keempat, yaitu perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Menurut Nadiem, sebanyak sepuluh episode Merdeka Belajar juga telah diluncurkan dan masih banyak lagi terobosan-terobosan Merdeka Belajar mendatang yang akan dilakukan oleh Kemendikbudristek.

“Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” sambung Nadiem.

Menanggapi krisis pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, Nadiem mengingatkan bahwa krisis tersebut memberikan kesempatan kita bersama untuk menuai kemajuan. 

Nadiem Makarim mengenakan busa khas NTT saat menyampaikan pidato pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Minggu, 2 Mei 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News