Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kemenpora Ingatkan Pemuda Agar Tidak Terpecah Belah

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kemenpora Ingatkan Pemuda Agar Tidak Terpecah Belah
Pelaksana tugas (Plt) Sesmenpora Jonni Mardizal saat bertindak sebagai inspektur upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila di kantor Kemenpora. Foto: Kemenpora.go.id/Muchlis

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10).

Dalam acara tersebut di depan halaman kantor Kemenpora itu, Pelaksana tugas (Plt) Sesmenpora Jonni Mardizal bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Jonni mengungkapkan bahwa Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan bahwa dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara, bangsa Indonesia tetap utuh.

Untuk itu, perlu banyak diambil hikmah karena banyak pengorbanan yang dilakukan untuk mempertahankan ideologi yang dianggap ideal untuk berbangsa dan bernegara.

"Peringatan Hari Kesaktian Pancasila memang perlu kita peringati. Kita tahu bahwa Indonesia berbeda suku, bahasa, agama dan sebagainya," kata Jonni dalam laman Kemenpora.

"Meskipun Indonesia berbeda-beda, tetapi sampai sekarang Indonesia masih tetap utuh dan itu dikarenakan Pancasila."

"Sejarah dari Hari Kesaktian Pancasila bisa diambil hikmahnya. Banyak pengorbanan waktu itu, untuk itu kita memperingati ini juga untuk mempertahankan ideologi Pancasila yang selama ini menyatukan kita," katanya.

Pria asal Sungai Penuh, Kerinci itu berharap untuk seluruh rakyat Indonesia terutama para pemuda untuk menghayati nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan bahwa dengan adanya Pancasila sebagai dasar negara, bangsa Indonesia tetap utuh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News