Peringati Hari Pramuka ke-55 Jatim, Mbak Puan Kutip Pidato Bung Karno

Peringati Hari Pramuka ke-55 Jatim, Mbak Puan Kutip Pidato Bung Karno
Menko PMK pose bareng dengan Gubernur serta Wakil Gubernur Jawa Timur serta sejumlah anak-anak Pramuka di sela Apel Besar Hari Pramuka ke-55 Jawa Timur, di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya, Minggu (4/9). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com - SURABAYA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meminta agar Pramuka menjadi yang terdepan dalam memupuk semangat kepeloporan untuk kemajuan. 

Puan ingin, generasi muda Indonesia ke depan adalah generasi yang hebat. "Generasi muda saat ini termasuk Pramuka, dihadapkan dengan berbagai tantangan dalam dinamika perubahan dunia yang berlangsung cepat seiring dengan derasnya arus globalisasi, persaingan global, dan kemajuan teknologi," kata Puan saat menjadi inspektur upacara Apel Besar Hari Pramuka ke-55 Jawa Timur, di Markas Komando Armada RI Kawasan Timur, Surabaya, Minggu (4/9). 

Hadir dalam apel besar tersebut, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Wakil Gubernur Syaifulloh Yusuf, Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur Laksda TNI Darwanto, Ketua Kwarda Pramuka Jawa Timur, dan para Muspida Provinsi Jawa Timur.

Di awal sambutannya, Menko PMK menyitir pidato Bung Karno, pada 9 Maret 1961, yang menyatakan bahwa Pramuka merupakan salah satu bentuk pendidikan karakter bagi pemuda-pemudi di Indonesia, yaitu pendidikan kepanduan, selain pendidikan keluarga dan pendidikan sekolah  yang menjadi salah satu soko guru pembangunan generasi muda bangsa Indonesia.

Puan juga menegaskan bahwa generasi muda sebagai harapan bangsa dan negara di masa yang akan datang, dituntut untuk mempersiapkan diri agar memiliki karakter yang andal, yaitu berintegritas (jujur, amanah, bermartabat), beretos kerja (ulet, rajin, tekun, trampil), dan berjiwa gotong royong.

“Setiap insan Pramuka harus memiliki sifat kepeloporan untuk maju, memiliki keterampilan, pantang menyerah, dan bergotong royong. Pelopor untuk menjebol segala perilaku yang menghambat kemajuan dimulai dari diri kita sendiri," tandas Menko PMK.

Puan menjelaskan bahwa kemajuan tidak bisa dicapai hanya dengan berdiam diri, menunggu, dan pasrah. Untuk maju diperlukan keinginan untuk maju, semangat untuk maju, semangat kepeloporan.
 
“Semangat kepeloporan sangat penting. Kepeloporan untuk maju, kepeloporan untuk memiliki ketrampilan, kepeloporan pantang menyerah, dan kepeloporan untuk bergotong royong. Tanpa dilandasi semangat kepeloporan untuk maju tersebut, maka sulit diharapkan adanya inisiatif, peran aktif, dan kesungguhan dalam menjalankan segala sesuatu,” lanjut Puan.
 
Putri dari Presiden ke-5 RI itu juga mengucapkan selamat Hari Pramuka Jawa Timur ke- 55, dan berharap Pramuka Jawa Timur mampu menjadi pelopor kemajuan dan teladan generasi muda.

Dalam kesempatan itu, Puan juga menyematkan penganugerahan tanda penghargaan kepada sejumlah perwakilan yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Gerakan Pramuka di Jawa Timur. (adk/jpnn)


SURABAYA - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani meminta agar Pramuka menjadi yang terdepan dalam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News