Perjuangkan Timnas Tampil di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Dianggap Pahlawan Sepak Bola Indonesia

Perjuangkan Timnas Tampil di Piala Dunia U-20, Erick Thohir Dianggap Pahlawan Sepak Bola Indonesia
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali (kanan) bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (tengah) meninjau Stadion Gelora Bung Tomo menjelang penyelenggaraan Piala Dunia U20 Indonesia, Surabaya, Senin (13/3/2023). Foto: ANTARA/Rizal Hanafi

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Sepak Bola Indonesia Rony Samloy menilai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir adalah pahlawan bagi dunia sepak bola Indonesia.

Pemimpin terbaik dan andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini terbukti berkali – kali berjuang agar Timnas Indonesia bisa tampil di Piala Dunia.

Kendati starting poinnya adalah Piala Dunia U-20 yang batal digelar karena terjadi polemik di dalam negeri.

"Pak Erick Tohir adalah tokoh, pendekar, pahlawan dan penyelamat sepak bola Indonesia. Upaya melobi kembali FIFA adalah bukti komitmen kuat pak Erick Thohir dalam mewujudkan impian masyarakat Indonesia,” terang Rony.

"Upaya melobi kembali FIFA agar sepakbola kita bisa tampil di Piala Dunia, sekalipun sebagai starting poin Piala Dunia U-20," imbuhnya.

Sebelum, Indonesia dibatalkan oleh FIFA untuk menggelar Piala Dunia U-20, Erick Thohir menjadi ujung tombak perjuangan dunia sepak bola. Bahkan hal ini terjadi sebelum ia diberikan amanah untuk menjadi Ketum PSSI periode 2023 – 2027.

Masih terekam jelas di benak rakyat, Erick Thohir berjuang sebagai perwakilan pemerintah agar FIFA tidak menjatuhkan sanksi sekaligus menyelamatkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia setelah terjadinya tragedi Kanjuruhan Malang pada tahun 2022 lalu.

Eks Presiden Inter Milan ini mendapatkan penugasan langsung dari Presiden Jokowi untuk bernegosiasi bersama FIFA agar tidak menjatuhkan sanksi kepada Indonesia apalagi mencabut status tuan rumah karena tragedi tersebut.

Pakar Sepak Bola Indonesia Rony Samloy menilai Menteri BUMN yang juga Ketua Umum (Ketum) PSSI Erick Thohir adalah pahlawan bagi dunia sepak bola Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News