Perkenalkan Perminyakan, Usakti Gandeng Universitas dari Malaysia

Perkenalkan Perminyakan, Usakti Gandeng Universitas dari Malaysia
Perkenalkan Perminyakan, Usakti Gandeng Universitas dari Malaysia

jpnn.com - JAKARTA - Society of Petroleum Engineers (SPE) Student Chapter Universitas Trisakti (Usakti) kembali menggelar sebuah acara tahunan yang bertajuk Petroweek 2013 yang bertemakan “Toward One Step Ahead Petreleum Engineers In Oil and Gas Industries”. Kegiatan ini bertujuan memperkenalkan dunia perminyakan kepada remaja maupun mahasiswa, serta guna membangun sebuah jaringan dunia kerja dalam bidang perminyakan.

Project Officer Petroweek 2013, Fajar Dwi Nurcahyo mengatakan rangkaian acara Petroweek ini terdiri dari SPE Goes To School, Mangrove Reforestastion, Soft SKill Training, Technology Seminar, Career Development & Motivation Session dan SPE Proffesional Team Building.

Acara ini digelar mulai dari tgl 26 September–5 Oktober 2013, Pada Pre-eventnya mereka mendatangi sekolah-sekolah di Jakarta. Di antaranya ke SMA 6 Jakarta, SMA 115 Jakarta dan Lab School untuk memperkenalkan dunia perminyakan kepada para siswa yang nantinya akan menjadi mahasiswa sehingga mereka sedikit mengenal industri minyak dan gas.

Sedangkan pada main event yang dilakukan mulai tanggal 3-5 Oktober, Fajar mengungkapkan bahwa kali ini pihaknya berhasil menghadirkan para mahasiswa yang berasal dari 3 Universitas dari luar Indonesia dan 7 Universitas dari dalam negeri.

“Untuk universitas yang dari luar, yaitu University Technology Petronas Malaysia, University Technology Malaysia
dan Palawan State University Filipina, sedangkan yang dari Indonesia di antaranya adalah Universitas Islam Riau, UI, ITB Bandung , UPN Jogja, UGM, dan, ITS surabaya,” kata Fajar di sela-sela kegiatan di Kampus Usakti, Jakarta, Kamis (3/10).

Selain dari universitas lain, para mahasiswa perminyakan dan geologi dari Universitas Trisakti sendiri tampak antusias untuk mengikuti kegiatan ini. “Kami juga memang mengundang teman-teman dari jurusan perminyakan dan geologi, tujuannya selain membangun koneksi dan jaringan, mereka juga diharapkan bisa terbuka wawasannya, bahwa oil and gas industries itu tidak sekedar berbicara mengenai minyak, tapi banyak, sampai ke geotermal energi, dan tenaga-tenaga lainnya yang bisa dipergunakan,” Ujarnya

Seminar pada main event terdiri dari 3 sesi, yang masing-masing diisi oleh Juliana Tompodung dari Vico Indonesia, Imam Baru Rahardjo dari Pertamina Geothermal Energy dan Agam Munawar dari Vico Indonesia. Fajar berharap, dengan adanya event seperti ini, maka akan terbangun jaringan dunia kerja kedepan dalam bidang industri perminyakan.

Selain seminar, salah satu kegiatan dalam Petroweek kali ini adalah melakukan penanaman kembali mangrove. “Kita menanam sekitar 300 bibit mangrove, di Pantai Indah Kapuk, ini merupakan penanaman ke 6, karena dalam industri minyak ini harus ada penanggulangan limbah, secara fisik, mangrove menjaga garis pantai agar tetap stabil, dengan berperan sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah, oleh karenanya kami menilai bahwa mangrove merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan dalam industri minyak ini,” katanya. (awa/jpnn)


JAKARTA - Society of Petroleum Engineers (SPE) Student Chapter Universitas Trisakti (Usakti) kembali menggelar sebuah acara tahunan yang bertajuk


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News