Perkuat Mutu Dosen, Kemendikbudristek Gencarkan Pemberian Beasiswa

Perkuat Mutu Dosen, Kemendikbudristek Gencarkan Pemberian Beasiswa
Dirjen Dikti Kemendikbudristek Nizam memaparkan berbagai program beasiswa untuk dosen. Foto tangkapan zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah meluncurkan banyak program yang dilaksanakan dengan pendanaan dari pemerintah maupun mandiri demi memperkuat mutu dosen.

Salah satunya adalah program beasiswa gelar dan nongelar bagi SDM pendidikan tinggi akademik dan vokasi.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam, mengatakan program tersebut antara lain berupa World Class Professor (WCP).

WCP merupakan program yang mengundang profesor kelas dunia dari berbagai perguruan tinggi (PT) ternama dalam negeri dan luar negeri sebagai profesor kunjungan untuk ditempatkan di berbagai kampus di Indonesia.

Kemudian, program magang bagi dosen muda ke perusahaan maupun industri dan program magang bagi tenaga kependidikan (tendik) di PT yang lebih tinggi kualitasnya untuk bisa lebih mengadopsi tata kelola yang lebih baik.

Ada juga program kemitraan dosen Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dengan guru. Program ini bisa menjadi solusi atas masalah di kelas sehingga bisa memperkuat guru di lapangan.

"Selanjutnya ada program Detasering, yaitu program berbagi dari dosen-dosen perguruan tinggi unggul yang saling berbagi antarperguruan tinggi," ucap Nizam dalam sosialisasi program beasiswa gelar dan nongelar bagi SDM pendidikan tinggi akademik dan vokasi secara daring, Selasa (11/5).

Dia menjelaskan untuk program WCP ada sekitar 70 orang peserta, program kemitraan dosen dan guru dengan sasaran dosen LPTK sekitar 45 orang, program detasering kira-kira untuk 70 orang, dan bridging course sekitar 25 orang.

Dirjen Dikti Kemendikbudristek memaparkan berbagai program beasiswa bagi dosen untuk meningkatkan kompetensinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News