Perlu Agenda Khusus Menangani Persoalan Papua

Perlu Agenda Khusus Menangani Persoalan Papua
Syahrul Yasin Limpo. Foto: Ist/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan perlu agenda khusus dalam menangani masalah di Papua dan Papua Barat. Menurut pria yang biasa disapa SYL ini, agenda khusus tersebut dijalankan oleh tim lintas sektor dengan konsentrasi penuh menyelesaikan masalah di Papua.

Syahrul menyampaikan hal ini sebagai respons atas aksi massa di Manokwari dan Sorong pada Senin, 19 Agustus 2019 yang diwarnai blokade jalan hingga pembakaran. Bahkan sejumlah fasilitas umum ikut dibakar.

Aksi itu diduga buntut insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur, beberapa hari sebelumnya. Dalam pengepungan tersebut juga terlontar ungkapan-ungkapan rasis kepada para mahasiswa Papua.

"Saya pikir harus ada agenda khusus menangani segera Papua dengan full konsentrasi yang melibatkan tim lintas sektor," ujar Syahrul, Selasa (20/8/2019).

BCA JUGA: Dehumanisasi di Hari Kemanusiaan Internasional Terhadap Masyarakat Papua

Menurutnya, poin utama dari agenda khusus ini adalah mewujudkan dan sosialisasi rasa keadilan kepada masyarakat Papua. Dia menilai gejolak dan masalah di Papua selama ini muncul lantaran persoalan ketidakadilan yang dirasakan saudara-saudara Papua termasuk perlakuan terhadap mereka.

"Karena itu, perhatian Jokowi yang sangat serius ke Papua selama ini perlu makin diaktualkan agar rasa keadilan sungguh-sungguh dialami oleh saudara-saudara kita dari Papua. Perhatian Jokowi ini nantilah yang dibuat dalam agenda khusus yang permanen, konkret dan aktual," terang dia.

Dalam agenda khusus ini, kata dia, selain keterlibatan full dari negara atau pemerintah, juga perlu menghadirkan tokoh-tokoh Papua yang mereka hormati dan tokoh-tokoh nasional yang masih dipercaya oleh masyarakat Papua. Kemudian, lanjut dia, harus dilibatkan guru, tokoh agama, kepala desa dan para ketua adat di tanah Papua.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan perlu agenda khusus dalam menangani masalah di Papua dan Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News