Pernyataan soal Cacar Monyet dari Menkes Bikin Lega

Pernyataan soal Cacar Monyet dari Menkes Bikin Lega
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menyebut hingga saat ini belum ada indikasi penyebaran cacar monyet di Indonesia. ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menyebut hingga saat ini belum ada indikasi penyebaran cacar monyet yang masuk di Indonesia.

"Hingga saat ini belum ditemukan kasus konfirmasi cacar monyet (monkeypox) di Indonesia,"kata Budi saat melakukan kunjungan kerja di Palembang, Rabu (27/7) kemarin.

Meski sebelumnya ada sembilan orang yang terindikasi terkena cacar monyet. Namun, setelah dilakukan pemeriksaan, hasil yang dikeluarkan oleh laboratorium menyatakan bahwa sembilan orang itu dinyatakan negatif.

“Penyebaran cacar monyet di Indonesia belum ada, jadi, ada yang diduga sembilan orang dari seluruh Indonesia begitu dites negatif, cuma kan tesnya di Jakarta. Jadi sekarang kita mulai melakukan juga di daerah-daerah supaya (deteksi dini) lebih cepat,”ujar Budi.

Budi menyebut untuk mitigasi pencegahan awal penularan cacar monyet, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menyiapkan alat serta bahan baku untuk pemeriksaan dini orang yang terkena cacar monyet.

"Sejauh ini sudah ada 1.500 yang di siapkan oleh Pemerintah pusat, dan reagen itu nantinya akan dikirim ke seluruh lab-lab yang ada di seluruh indonesia," ungkap Budi.

Palembang sendiri jelas Budi, untuk alat-alatnya sudah siap.

"Reagennya juga sudah datang tinggal ban bakunya saja," jelas Menkes Budi.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi menyebut hingga saat ini belum ada indikasi penyebaran cacar monyet di Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News