Pernyataan Tegas Wamenag terhadap Pelaku Penendang Sesajen, Ada Kata Tumpul

Pernyataan Tegas Wamenag terhadap Pelaku Penendang Sesajen, Ada Kata Tumpul
Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Mesya/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi menyesalkan tindakan pria yang menendang sesajen di kawasan Gunung Semeru.

Hal tersebut menunjukkan tumpulnya rasa kesadaran keberagamaan dalam masyarakat yang majemuk.

Indonesia, kata Zainut, merupakan negara yang memiliki beragam suku, adat istiadat, budaya dan agama. Hal tersebut menuntut adanya sikap toleransi.

Dia mengatakan toleransi merupakan sikap yang menunjukkan keterbukaan untuk menerima, mendengar, dan menghormati orang lain yang berbeda pandangan dan keyakinan.

"Apa pun alasannya menendang sesajen itu satu bentuk tindakan yang tidak terpuji," kata Wamenag kepada JPNN.com, Kamis (13/1).

Dia melanjutkan, sebagai sesama WNI seharusnya bisa saling menghormati perbedaan yang ada. Tidak bisa memaksakan semua orang memiliki pemahaman dan keyakinan yang sama. 

Dia menegaskan Islam melarang umatnya mencela apalagi menistakan agama lain, termasuk melakukan tindakan-tindakan yang menjurus terhadap penghinaan terhadap agama lain.

Islam mengajarkan dakwah dengan cara yang baik (ma'ruf), begitu juga mencegah kemungkaran harus dengan cara yang baik. Tidak boleh dengan cara yang mungkar.

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi memberikan pernyataan tegas terhadap pria penendang sesajen di kawasan Gunung Semeru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News