Personel KRI Sungai Gerong Bergerak Cepat Menuju Kapal yang Mencurigakan

Personel KRI Sungai Gerong Bergerak Cepat Menuju Kapal yang Mencurigakan
KRI Sungai Gerong mengirimkan satu tim VBSS menggunakan sea rider untuk melaksanakan inspeksi mencari barang-barang ilegal di kapal. Foto: Dispen Koarmada II

jpnn.com, SURABAYA - Setelah sebelumnya Tim Visit Board Search and Seizure (VBSS) Prajurit Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada II menerima bekal teori dari prajurit Satuan Kopaska,  tim yang terdiri dari 20 orang prajurit ini lanjut melaksanakan latihan praktik di KRI Sungai Gerong yang bersandar di Dermaga B Koarmada II pada Rabu (4/3) kemarin.

Ada beberapa materi yang harus dipraktikkan oleh peserta latihan, antara lain Mission Planning, teknik memasang tangga dan memanjat ke geladak, teknik bergerak di geladak kapal, pertempuran dalam ruangan, pemusuh yang tertawan atau tertangkap, penanganan terhadap korban terluka, halang rintang serta landasan atau dasar hukum.

Sementara skenario dalam latihan ini adalah berdasarkan laporan intelijen yang akurat bahwa adanya kapal yang dicurigai membawa barang ilegal. Laporan tersebut segera ditindaklanjuti oleh KRI Sungai Gerong yang sedang berpatroli dengan mengirimkan satu tim VBSS menggunakan sea rider menuju kapal yang dimaksud, untuk melaksanakan inspeksi mencari barang-barang ilegal di kapal tersebut.

Tim VBSS menunjukkan profesionalismenya dengan melaksanakan gerakan taktis dan melaksanakan komunikasi dengan awak kapal dan melakukan mekanisme pemeriksaan ruangan di kapal yang dicurigai, sehingga berhasil menemukan barang ilegal dengan sigap.

Keseriusan peserta dalam melakukan latihan VBSS ternyata menuai pujian dari instruktur. Salah seorang instruktur mengatakan puas dengan performa yang ditampilkan seluruh anggota tim.

“Kami puas dengan performa tim VBSS Satban Koarmada II. Artinya semua materi teori yang diberikan telah dilaksanakan dengan baik dalam latihan ini serta sesuai dengan prosedur dan tahapannya,” ujar instruktur yang enggan namanya disebut ini.(fri/jpnn)

Tim VBSS menunjukkan profesionalismenya dengan melaksanakan gerakan taktis dan melaksanakan komunikasi dengan awak kapal dan melakukan mekanisme pemeriksaan ruangan di kapal yang dicurigai.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News