Personel Satgas Yonif Raider Mengikuti Tradisi Hela Kayu

Personel Satgas Yonif Raider Mengikuti Tradisi Hela Kayu
Personel Pos Wairiang SSK III Satgas Ops Pamrahwan Maluku Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS), ikut serta dalam tradisi tarik kayu tersebut, Minggu (1/12/2019). Foto: Puspen TNI

jpnn.com, MALUKU TENGAH - Hela kayu atau tarik kayu merupakan tradisi para leluhur yang berasal dari Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku. Hela kayu itu sendiri merupakan salah satu rangkaian prosesi adat yang dilakukan guna membangun atau merenovasi rumah soa/adat atau makam para leluhur.

Beberapa personel Pos Wairiang SSK III Satgas Ops Pamrahwan Maluku Batalyon Infanteri (Yonif) Raider Khusus 136/Tuah Sakti (TS), ikut serta dalam tradisi tarik kayu tersebut, Minggu (1/12/2019).

Pusat Penerangan TNI dalam keterangan persnya, menjelaskan hela kayu dalam pelaksanaannya, masyarakat bergotong-royong sambil bersuat (bernyanyi). Saat bernyanyi diiringi pukulan tifa sebagai penyemangat menarik kayu dari dalam hutan menuju ke tempat yang telah ditentukan (rumah soa/adat atau makam para leluhur).

Guna menghormati tradisi para leluhur dan dalam rangka merenovasi makam adat yang terdapat di Negeri Kailolo, Kecamatan Pulau Haruku, Negeri Hulaliu dan Kailolo mengadakan acara tradisi hela kayu.(fri/jpnn)

Hela kayu merupakan salah satu rangkaian prosesi adat yang dilakukan guna membangun atau merenovasi rumah soa/adat atau makam para leluhur.


Redaktur & Reporter : Friederich

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News