Pertamina Akhirnya Naikkan Harga LPG 12 Kg

Pertamina Akhirnya Naikkan Harga LPG 12 Kg
LPG 12 kg yang harganya sudah ditetapkan naik. FOTO: dok/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Niat PT Pertamina untuk menaikkan harga LPG 12 Kg akhirnya dilakukan. BUMN tersebut mengaku harus mengurangi kerugian triliunan rupiah dengan memberlakukan harga baru untuk produk yang tak masuk alokasi subsidi APBN. Pemberlakuan tersebut ditetapkan sejak pukul 00.00 awal tahun 2014.    

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Ali Mundakir mengatakan, pihaknya sudah memberlakukan serentak di seluruh Indonesia harga baru LPG non subsidi sejak pergantian tahun. Dalam kenaikan tersebut, rata-rata kenaikan di tingkat konsumen mencapai Rp 3.959 per kg. "Besaran kenaikan ditingkat konsumen akan bervariasi. Tergantung jarak antara SPBBE dan supply point," imbuhnya dalam keterangan tertulis kemarin (1/1).
    
Keputusan tersebut, lanjut dia, dilakukan atas rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait laporan hasil pemeriksaan pada Februari. Dalam laporan tersebut, Pertamina diklaim menanggung kerugian atas bisnis LPG non subsidi selama hampir dua tahun senilai Rp 7,73 triliun. "Hal itu dapat dianggap menyebabkan kerugian negara. Sesuai dengan Permen ESDM No. 26 Tahun 2009, Pertamina telah melaporkan kebijakan perubahan harga ini kepada Menteri ESDM," ungkapnya.
    
Dengan harga patokan baru tersebut, rata-rata harga LPG 12 kg bakal mencapai sekitar Rp 117,708 per tabung. Ali mengkalkulasi, hal tersebut berarti pegeluaran masyarakat penikmat LPG tersebut bakal bertambah RP 47 ribu per bulan atau RP 1.566 per hari.  Hal itu berdasarkan lama LPG 12 kg digunakan masyarakat umumnya yang berkisar 1 hingga 1,5 bulan. 
    
"Kondisi ini tidak banyak berpengaruh pada daya beli masyarakat. Mengingat konsumen Elpiji non subsidi kemasan 12kg adalah kalangan mampu. Untuk masyarakat konsumen ekonomi lemah dan usaha mikro, pemerintah telah menyediakan LPG 3 kg bersubsidi yang harganya lebih murah," ujarnya. (bil/oki)


Berita Selanjutnya:
Pajak Mobil Sedan Siap Turun

JAKARTA - Niat PT Pertamina untuk menaikkan harga LPG 12 Kg akhirnya dilakukan. BUMN tersebut mengaku harus mengurangi kerugian triliunan rupiah


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News