Pertamina Diminta Optimalkan Eksplorasi Sumur Minyak

Pertamina Diminta Optimalkan Eksplorasi Sumur Minyak
Pertamina Diminta Optimalkan Eksplorasi Sumur Minyak
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) diminta lebih memprioritaskan pengelolaan minyak dari ladangnya sendiri daripada berencana mengelola minyak mentah dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Pengelolaan minyak mentah dari hasil ladang yang saat ini banyak terbengkalai dinilai bisa memberikan nilai yang lebih besar.

Menurut anggota DPR Komisi VII Fraksi Partai Demokrat (FPD) Asfihani, rencana Pertamina mengolah semua minyak mentah dalam negeri dan siap memberikan penawaran terbaik bagi KKKS agar menjual minyak mentahnya, perlu diberikan apresiasi. Namun, itu selayaknya sudah dilakukan jauh-jauh hari oleh Pertamina jika ingin mengantisipasi kemungkinan krisis minyak ataupun menjaga ketahanan energi nasional.

’’Kita apresiasi jika Pertamina akan melakukan pembelian minyak mentah dari KKKS untuk diolah di kilangnya. Tapi itu seharusnya jauh-jauh hari dulu dan bukan sekarang. Daripada Pertamina beli dari KKKS mendingan dia melakukan eksplorasi di ladangnya sendiri yang jumlahnya ratusan itu,’’ kata Asfihani di Jakarta, Selasa (24/1).

Untuk mewujudkan ketahanan energi nasional, lanjutnya, sudah saatnya Pertamina mempersiapkan diri semaksimal mungkin mengelola ladang-ladang minyaknya. Dengan pemaksimalan pengelolaan ladang minyak yang telah ada, dipastikan hasil yang diperoleh jauh lebih besar. Berdasarkan itu, DPR melalui Komisi VII segera melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Pertamina dan pihak terkait lainnya untuk membahas masalah tersebut.

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) diminta lebih memprioritaskan pengelolaan minyak dari ladangnya sendiri daripada berencana mengelola minyak mentah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News