Pertamina Pamerkan Ratusan Produk UMKM & Kampanyekan Bangga Produk Lokal di Palu

Pertamina Pamerkan Ratusan Produk UMKM & Kampanyekan Bangga Produk Lokal di Palu
Produk UMKM. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, PALU - Pertamina menyemarakan kegiatan Harvesting Gerakan Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata Indonesia (BBWI) di Kota Palu, Sulawesi Tengah. 

Kegiatan yang bertajuk '100% Sulawesi Tengah' ini merupakan hasil kolaborasi apik antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, Kementerian ESDM, Pertamina dan BUMN lainnya.

Langkah ini diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan kebanggaan masyarakat untuk menggunakan produk-produk lokal dengan selalu mendukung para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk mendapatkan perluasan akses pasar dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas UMKM yang ada untuk terus bertumbuh.

Pada kegiatan kali ini Pertamina membawa lebih dari 100 produk dari 24 UMKM yang berasal dari Rumah BUMN (RB) Tojo Una-Una dan RB Parigi Moutong.

Terdiri dari sektor makanan dan miniman, craft dan fashion.

Kemeriahan pagelaran Gernas BBI dan BBWI yang berlangsung pada 5-6 Agustus 2023, diawali dengan karnaval seni dan budaya, happening art, fashion show, expo handicraft dan pariwisata, festival kuliner, atraksi komunitas, apresiasi dan penghargaan, apresiasi lomba kreatif, talkshow hingga entertainment.

“Saya berharap, melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah unit artisan baik UMKM, IKM maupun pertumbuhan dan peningkatan popularitas destinasi pariwisata lokal serta kesadaran dan kebanggan masyarakat lokal terhadap wisata lokal di Sulteng serta dapat membangun karakter bangga buatan indonesia sejak dini yang ditanamkan kepada anak cucu kita,” ujar Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Ma’mun Amin.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw menuturkan berbagai kegiatan flagship ini diharapkan bisa menjadi program berkelanjutan yang berdampak pada kemajuan UMKM dan Pariwisata di Indonesia, serta memberikan inspirasi untuk membangkitkan semangat dan optimisme para pelaku UMKM.

Pertamina juga berusaha untuk mendorong penguatan UMKM dengan kebijakan yang berpihak pada pemberdayaan lokal, dan terus konsisten mendukung UMKM lokal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News