Pertamina Pastikan Warga Sekitar Kebakaran Kilang Minyak Aman

Pertamina Pastikan Warga Sekitar Kebakaran Kilang Minyak Aman
Pertamina memastikan masyarakat di sekitar kebakaran kilang minyak dalam kondisi aman. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyatakan pihaknya memastikan masyarakat di sekitar kebakaran kilang minyak dalam kondisi aman.

"Pertamina sigap lakukan evakuasi sekitar 80 warga dari Kelurahan Lomanis ke tempat pengungsian sementara di Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir, Lomanis," beber Ifki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/11).

Dia juga menjelaskan Pertamina terus memaksimalkan upaya pemadaman dengan defensive fire fighting dengan fire truck dan hydrant.

"Juga pendinginan di area sekitar tangki yang terbakar," kata dia.

Menurut Ifky, Kilang Pertamina Cilacap merupakan satu dari enam kilang dengan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari.

Kilang ini memiliki 228 tangki untuk menampung crude yang akan diolah, gas serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

Warga sekitar PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap, Jawa Tengah Andi (40) menyatakan rumahnya dekat dengan kebakaran kilang tersebut.

"Saat kebakaran itu terjadi, hujannya sangat lebat. Selang beberapa menit kemudian, aliran listrik padam sehingga kondisi menjadi gelap gulita," kata Andi seperti dikutip dari Antara, Sabtu malam (13/11).

Menurut dia, kondisi tersebut membuat panik warga Kelurahan Donan dan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyatakan pihaknya memastikan masyarakat di sekitar kebakaran kilang minyak dalam kondisi aman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News