Pertemuan Meja Bundar Perdagangan ASEAN-Kanada Jajaki Kemitraan Strategis

Pertemuan Meja Bundar Perdagangan ASEAN-Kanada Jajaki Kemitraan Strategis
Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid dan Ian Mckay, Utusan Khusus Kanada untuk Indo-Pasifik. Foto: dok ASEAN-BAC

jpnn.com, JAKARTA - ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC) bekerja sama dengan Canada-ASEAN Business Council (CABC) menjadi tuan rumah Pertemuan Meja Bundar Perdagangan ASEAN - Kanada di Hotel Sultan Jakarta pada Selasa (5/

Tema Pertemuan Meja Bundar Perdagangan ASEAN-Kanada adalah “Memperkuat Peluang ASEAN-Kanada untuk Pembangunan Berkelanjutan.”

Sebagaimana disampaikan oleh Ketua ASEAN-BAC Arsjad Rasjid, pertemuan meja bundar ini diadakan dengan tujuan untuk membina kemitraan sektor swasta yang nyata guna mengatasi masalah-masalah paling penting yang menjadi perhatian bersama, termasuk mempercepat perjalanan menuju Net Zero dan memastikan ketahanan pangan jangka panjang.

“Pertemuan tingkat tinggi ini berfokus pada bagaimana negara-negara ASEAN dan Kanada dapat memperluas peluang pasar, mendorong kemitraan untuk energi ramah lingkungan, dan memfasilitasi arus perdagangan dan investasi melalui Kanada untuk mempercepat peran ASEAN dalam pertumbuhan global yang berkelanjutan,” ujar Arsjad dalam pidato pembukaannya. pada Pertemuan Meja Bundar Perdagangan ASEAN-Kanada.

Di antara tokoh yang hadir adalah Ian Mckay, Utusan Khusus Kanada untuk Indo-Pasifik, Vicky Singmin, Duta Besar Kanada untuk ASEAN, dan Wayne Farmer, Presiden Dewan Bisnis Kanada-ASEAN.

Arsjad menyampaikan apresiasi atas perhatian yang diberikan Perdana Menteri Justin Trudeau kepada ASEAN, mengingat ASEAN sebagai mitra strategis Kanada di kawasan Indo-Pasifik.

Namun, dia menekankan perlunya rencana dan strategi yang lebih konkret untuk meningkatkan kerja sama di kawasan Asia Tenggara.

“Saat kami menjamu Perdana Menteri Trudeau pada KTT G20 di Bali, beliau menyampaikan langkah signifikan Kanada dalam berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan ASEAN melalui pembentukan Kemitraan Transisi Energi yang Berkeadilan (JETP) dengan Indonesia dan Vietnam,” ungkap Arsjad.

Tema pertemuan internasional ini adalah memperkuat peluang ASEAN-Kanada untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News