Pesan Boni Hargens untuk Para Aktivis Mahasiswa

Pesan Boni Hargens untuk Para Aktivis Mahasiswa
Boni Hargens. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Boni Hargens mengingatkan mahasiswa untuk tetap menjaga marwah aksi demonstrasi sebagai gerakan moral.

Menurut Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) itu, demonstrasi merupakan gerakan mengkritik penyelenggara negara tapi dengan keadaban dan tetap merawat demokrasi.

"Gerakan mahasiswa adalah gerakan moral, maka HMI dan organisasi kemahasiswaan lainnya sebagai bagian dari mahasiswa mempunyai tugas sejarah untuk merawat roh demokrasi di Indonesia," kata Boni Hargens dalam sebuah diskusi bersama PB HMI, Senin (14/10), seperti dikutip melalui keterangan tertulisnya.

Boni mengatakan, demonstrasi atau gerakan mahasiswa sebagai wujud kebebasan berpendapat merupakan kegiatan yang sah dan diatur dalam konstitusi. "Termasuk, gerakan mahasiswa yang mengkritisi UU KPK hasil revisi dan sejumlah RUU yang sudah dibahas DPR dan Pemerintah. Namun, dalam demokrasi tidak pernah menghalalkan kekerasan," katanya.

Dijelaskan Boni, demonstrasi mahasiswa yang menyampaikan aspirasi berupa kritik dengan cara-cara yang sopan dan berkeadaban, diatur dalam konstitusi, tapi tidak melakukan tindakan kekerasan dan vandalisme, apalagi sampai melukai aparat keamanan.

"Tidak ada gunanya melakukan aksi demo sambil merusak fasilitas-fasilitas publik, karena hal itu sudah merupakan tindakan pelanggaran hukum. Saya mengingatkan teman-teman mahasiswa untuk melakukan demonstrasi secara tertib, tidak menyerang aparat Polri dan TNI ketika melakukan aksi demo dan jangan merusak fasilitas publik," imbuh dia.

Boni Hargens yang juga aktivis 1998 ini mengingatkan para mahasiswa bahwa kekuatan dari suatu gerakan mahasiswa tidak terletak pada jumlah batu yang dilemparkan ke aparat atau banyaknya fasilitas publik yang rusak, tetapi gagasan yang disampaikan mahasiswa dalam menggugah rakyat untuk bersama-sama membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

Demonstrasi, lanjutnya, adalah bagian dari gerakan mahasiswa tetapi jangan sampai aksi demonstrasi mahasiswa dipolitisir oleh kelompok-kelompok tertentu yang ingin mengail di air keruh. (Antara/jpnn)

Boni Hargens berharap para mahasiswa untuk tetap menjaga marwah gerakan demonstrasi sebagai gerakan moral.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News