Pesan Mendagri, Kada Terpilih Segera Wujudkan Janji Kampanye

Pesan Mendagri, Kada Terpilih Segera Wujudkan Janji Kampanye
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengatakan, pihaknya memang telah merencanakan pelantikan kepala dan wakil kepala daerah yang sempat tertunda pada Mei nanti. “Semoga minggu kedua Mei bisa dilakukan,” ujarnya di Jakarta, kemarin.

Untuk tanggal pastinya, Kemendagri masih terus berkoordinasi dengan pihak Istana Negara. Karena, gubernur dan wakilnya akan dilantik langsung oleh Presiden di Jakarta. Sementara untuk bupati/wali kota dan wakilnya dilaksanakan di ibu kota provinsi.

“Pelantikan dilakukan gubernur masing-masing provinsi,” jelas Tjahjo. Namun dia belum bisa merinci daerah mana saja yang masuk tahap pertama menggelar pelantikan.

“Masih kami proses usulan yang sudah masuk,” imbuhnya.

Karena masa berakhirnya jabatan kepala dan wakil kepala daerah lama tidak sama, maka pelantikan yang baru akan disesuaikan. “Bertahap, sesuai akhir jabatan pejabat lama,” tandasnya.

Kepada semua bupati/wali kota dan wakil yang terpilih, Tjahjo mengingatkan mereka untuk merealisasikan janji dan program saat berkampanye. Pelaksanaan program tersebut harus sejalan dengan program pemerintah pusat.

“Harus ada pengharmonisasian janji gubernur dan janji bupati/wali kota,” ujar Tjahjo.

Hal itu katanya agar target, visi dan misi pembangunan periode 2015-2019 dapat diwujudkan. Karena itu, seluruh penyelenggara urusan pemerintahan daerah harus berkordinasi dalam penyusunan program.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, mengatakan, pihaknya memang telah merencanakan pelantikan kepala dan wakil kepala daerah yang sempat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News