Pesan Menko PMK untuk Perempuan Indonesia di Hari Kartini

Pesan Menko PMK untuk Perempuan Indonesia di Hari Kartini
Hari Kartini. Ilustrasi: Ardisa Barack/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani punya pesan untuk kaum perempuan Indonesia pada momen Hari Kartini, Sabtu (21/4). Menurutnya, pemerintah memberi ruang luas bagi kaum perempuan Indonesia untuk berperan dalam memajukan bangsa.

“Perempuan bisa menyejahterakan dirinya, menyejahterakan keluarganya, baru kemudian menyejahterakan lingkungannya. Itu yang harus dimiliki semua perempuan,” kata Puan.

Curu Proklamator RI Bung Karno itu menuturkan, pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini punya komitmen tinggi dalam memajukan perempuan Indonesia. Hal itu juga demi memajukan Indonesia secara keseluruhan.

Sebagaimana spirit yang diusung Kartini soal pentingnya literasi, pemerintah juga sedang getol menekan angka buta huruf. Di antaranya melalui relawan literasi dan membangun lebih dari 6.000 taman bacaan masyarakat (TBM).

Pesan Menko PMK untuk Perempuan Indonesia di Hari Kartini
Menko PMK Puan Maharani mengunjungi Pondok Pesantren Tahfiz de Muttaqin di Desa Denokan, Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Selasa (3/4). Foto: Kemenko PMK)

Selain itu, pemerintahan Presiden Jokowi juga menggenjot program Kartu Indonesia Pintar (KIP) demi memajukan pendidikan. Demi menggenjot literasi pula, pemerintah menggratiskan pengiriman buku melalui Kantor Pos setiap 17 Agustus.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2017 masih ada sekitar 3,4 juta orang Indonesia yang buta huruf. Namun, angka itu menurun dari 5,9 juta pada 2014.

Mayoritas warga yang buta huruf adalah perempuan. Jumlahnya mencapai 2.258.990 di antaranya adalah perempuan.

Menko PMK Puan Maharani menyatakan, semangat RA Kartini untuk memajukan perempuan Indonesia harus terus dijaga dan senantiasa dijadikan inspirasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News