Rabu, 21 Agustus 2019 – 11:53 WIB

Pesan Menteri Amran Saat Buka Puasa Bersama

Senin, 27 Mei 2019 – 23:21 WIB
Pesan Menteri Amran Saat Buka Puasa Bersama - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menggelar acara silaturahmi dan buka bersama keluarga besar Kementerian Pertanian (Kementan) dan berbagai mitra penting di antaranya Himpunan Kerukunan Tani Indonesia, pers, Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Kerukunan Keluar Sulawesi Selatan dan pihak terkait lainnya. Buka puasa bersama ini berlangsung di Auditorium Kementan dengan mengusung tema Pererat Ukhuwah Islamiah di Era Industri 4.0, Senin (27/5).

“Hari ini kita buka puasa bersama dengan seluruh asosiasi yang terkait dengan pertanian, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi semua pihak yang terkait pertanian di mana harga pangan stabil sehingga semua menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan ini tenang dan menikmati dengan baik," kata Mentan Amran saat memberikan sambutan.

Pada kesempatan ini, Amran menegaskan di bulan Ramadan ini tidak ada gejolak harga. Walaupun ada yang bergejolak sedikit, yaitu bawang putih yang terjadi hanya di awal bulan Ramadhan saja.

Namun demikian, sambungnya, pada hari kesatu hingga ketiga, harga bawang putih sudah stabil bahkan sangat stabil karena target awalnya hanya Rp 23.000 per kg. Alhasil, baru-baru ini bersama dengan Gubernur Jawa Timur harganya sudah turun menjadi Rp 19.000 per kg. Tidak hanya bawang putih, harga komoditas lainpun turut terjaga.

“Sebelum lebaran dan sesudah lebaran bisa kami pastikan aman. Kenapa? Karena harga beras turun, harga cabai turun, kasian petani, kami minta bulog menyerap dan kami koordinasi Pak Buwas dan alhamdulillah mereka sudah serap cabai harga Rp 8.000 per kikogram yang sebelumnya Rp 5.000 di pasar," beber Amran.

Oleh karena itu, Amran mengucapkan terima kasih kepada teman-teman pelaku usaha dan seluruh pihak bahkan tak lupa kepada seluruh petani peternak se-Indonesia.

“Ini kerja keras kita semua dan tidak lupa ini berkat kita semua. Kami bangga dengan petani-peternak Indonesia karena mereka pahlawan pangan di mana pangan kita sangat stabil," sebutnya.

Amran pun turut mengungkapkan keberhasilan pembangunan sektor pertanian selama pemerintahan Jokowi-JK, yang merupakan hasil kerja keras jajaran Kementan, petani dan pelbagai pihak terkait. Misalnya, inflasi bahan pangan berhasil ditekan dari 10,57 persen pada 2014 menjadi 1,26 persen di 2017.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar