Pesan Menyejukkan Menag Yaqut di Hari Raya Nyepi

Pesan Menyejukkan Menag Yaqut di Hari Raya Nyepi
Menag Yaqut Cholil Qoumas. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi kepada seluruh umat Hindu.

Hari ini, umat Hindu menjalani Catur Brata Penyepian sebagai rangkaian perayaan Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944.

Mereka melakukan Amati Geni (tidak menggunakan dan menghidupkan api), Amati Karya (tidak bekerja), Amati Lelungan (tidak bepergian), dan Amati Lelanguan (tidak mendengarkan hiburan).

"Saya mengucapkan selamat Hari Suci Nyepi dan Tahun Baru Caka 1944 kepada saudaraku seluruh umat Hindu di mana pun berada,," ungkap Menag Yaqut di Jakarta, Kamis (3/3).

Menurut Menag, umat Hindu memiliki kekayaan nilai-nilai positif yang bisa digali dan diamalkan dalam menjalani kehidupan di tengah kemajemukan Indonesia.

Nyepi tahun ini bisa menjadi momentum untuk menggali makna sekaligus mengaktualisasikan nilai-nilai luhur, salah satunya adalah Tattwam Asi.

“Tattwam Asi bermakna "aku adalah engkau”. Nilai ini menjadi sumber inspirasi bagi umat Hindu untuk hidup saling menghormati, rukun, dan bertoleransi," jelas Gus Yaqut, sapaan akrab Menag.

Dia mengajak untuk aktualisasi nilai Tattwam Asi dan perkuat moderasi beragama. Tema Nyepi tahun ini, yaitu Aktualisasi Nilai Tattwam Asi dalam Moderasi Beragama menuju Indonesia Tangguh juga diapresiasikannya.

Menag Yaqut menyampaikan pesan menyejukkan di Hari Raya Nyepi, mengajak seluruh umat memperkuat moderasi beragama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News