Pesan Sahroni ke Kapolri di Ajang AMMTC: Jangan Sampai Indonesia Jadi Surga Kejahatan Transnasional

Pesan Sahroni ke Kapolri di Ajang AMMTC: Jangan Sampai Indonesia Jadi Surga Kejahatan Transnasional
Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni meminta agar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dapat mendorong munculnya langkah penyelesaian konkret terhadap situasi ancaman kejahatan lintas negara di ASEAN

Sahroni melihat, beragam kasus lintas negara yang terjadi di negara-negara ASEAN sudah sangat meresahkan.

Dorongan itu disampaikan Sahroni merespons digelarnya ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara daring pada Senin (21/8).

Dalam forum AMMTC ke-17 itu, Kapolri Jenderal Listyo juga menyinggung masalah kejahatan lintas negara atau transnasional sedang menjadi ancaman terbesar di kawasan ASEAN saat ini.

"Komisi III berharap, Kapolri dapat menjadi aktor utama yang mendorong munculnya langkah-langkah konkret dalam penyelesaian kejahatan di kawasan," ucap Sahroni melalui keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (22/8).

Legislator Fraksi Partai NasDem itu menyebut banyak isu keamanan lintas negara di ASEAN yang patut menjadi perhatian. Mulai peredaran narkoba, terorisme, penyelundupan, hingga TPPO yang sedang marak terjadi.

"Ini semua, kan, juga ranah pekerjaan kepolisian. Jadi, Pak Kapolri harus perjuangkan agar jangan sampai Indonesia jadi sasaran kejahatan dari luar negeri," ujar Sahroni.

Politikus asal Tanjung Priok itu berharap agar negara-negara yang hadir dalam AMMTC pun bisa berkomitmen melakukan pemberantasan TPPO secara bahu membahu.

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni berpesan kepada Kapolri soal ajang AMMTC. Jangan sampai Indonesia jadi surga kejahatan transnasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News